Jumat, 29 April 2011

Studi Tentang Pemanfaatan ICT (e-Readines) di Depkominfo

ABSTRAK

Judul Penelitian      :  Studi Tentang Pemanfaatan ICT (e-Readines) di
                                   Depkominfo
Bidang Prioritas     :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program                 :  Penelitian dan Pengembangan IPTEK
Satker                     :  Puslitbang APTEL SKDI, Departemen Kominfo RI
Tahun Penelitian     :  2008


Pendekatan penelitian secara kuantitatif, dengan metode survey. Populasi dari penelitian ini adalah semua satuan kerja di lingkungan Depkominfo di Jakarta dan seluruh BPPI di Indonesia (yakni  ada 8 balai di Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Banjarmasin dan Manado). Sampelnya adalah total sampel pada semua satuan kerja di Depkominfo dan BPPI. Pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner, ditambah dengan wawancara mendalam untuk jenis data kualitatif. Model pengukuran kuantitatif adalah model P3I3.

Hasil studi antara lain, secara umum Depkominfo dan BPPI telah memiliki e-readiness yang cukup baik untuk mendukung pelaksanaan e-government di Indonesia. Namun masih terdapat hal-hal yang perlu diperbaiki,  dari  aspek SDM (people), proses (processes), dan infrastruktur (infrastructure). Untuk aspek SDM, sebagian besar pimpinan pengelola e-government masih dipegang pejabat struktural. Hal ini mempercepat implementasi e-government pada satuan kerja.

Dalam hal proses, perlu diperbaiki yang terkait dengan modal interaksi, level otomasi, dan level integrasi. Hal ini penting untuk pencapaian e-government, dalam Inpres No.3 Tahun 2003. Untuk aspek infrastruktur, Depkominfo dan BPPI masih perlu memperhatikan kepemilikan layanan publik berbasis website.

Kata kunci    : Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), e-Readines.


Outline           :

BAB  I  Pendahuluan : 1. Latar belakang, 2. Perumusan masalah, 3. Pertanyaan Penelitian, 4. Tujuan, 5. Sasaran Akhir, BAB II  Metodologi Penelitian: 1. Kerangka Analisis, 2. Metode Penelitian, BAB III Penerapan E-Government Di Indonesia, BAB IV Kesiapan Pemanfaatan Tik (E-Readiness) Depkominfo Dan Balai Pengkajian Dan Pengembangan Informasi (BPPI) : 1. Pengukuran E-Readiness di Depkominfo dan BPPI, 2. Perbandingan E-Readiness antar Instansi, BAB V Penutup, Daftar Pustaka


Tujuan Penelitian :


  1. mengidentifikasi tingkat kesiapan Depkominfo dalam pemanfaatan TIK dalam menghadapi serta mengantisipasi perkembangan TIK, yang terkait dengan aspek kesiapan organisasi ,manusia,infrastruktur ,kebijakan,proses ,dan manfaat TI; 
  2. menyusun strategi serta alternative kebijakan dalam peningkatan e-readiness di lingkup Depkominfo untuk menunjang visi dan misi departemen.



Lokasi Penelitian :

(1). Medan, (2). Jakarta, (3). Bandung, (4). Yogyakarta, (5). Surabaya, (6). Manado, (7). Makasar, dan (8). Banjarmasin.

1 komentar:

  1. mohon di ijinkan untuk bisa mendapatkan copi dari studi ini. karena berkaitan dengan tesis saya. thnks

    BalasHapus

VIDEO: Brutal, Puluhan Sepeda Diterjang Mobil

VIVAnews - Acara sepeda santai yang digelar 'Critical Mass' di Porto Alegre, Brasil, pada penghujung Februari 2011 kemarin, berubah jadi tragedi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Saat itu sekitar 130 pesepeda tengah melintas di jalan raya. Mereka baru saja memulai aktivitas ramah lingkungan sesuai misi Critical Mass.

Saat tengah asyik bersepeda, tiba-tiba saja Neis yang mengendarai mobil VW-nya menerjang mereka dari belakang dengan kecepatan tinggi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Sekitar 20 pesepeda jadi korban. Mereka terpental, bergelimpangan di jalan. Bahkan tidak sedikit di antara mereka tersangkut di kap mobil Neis berikut sepedanya. Para korban mengalami luka ringan maupun berat. Jerit tangis dan teriakan langsung membahana di jalan. Neis pun diamankan polisi.

Sekadar diketahui Critical Mass adalah sebuah acara bersepeda yang biasanya digelar pada hari Jumat terakhir setiap bulan, di lebih dari 300 kota di seluruh dunia.

Saksikan video brutal Neis di sini.

sumber : • VIVAnews http://dunia.vivanews.com/news/read/207196-video--brutal--puluhan-sepeda-diterjang-mobil


Video Tragedi Sepeda di Brazil