Jumat, 29 April 2011

Studi Evaluatif Program IGOS Dalam Pengimplementasian Open Source di Lembaga Pemerintah

ABSTRAK

Judul Penelitian      :  Studi Evaluatif Program IGOS Dalam Pengimplementasian
                                  Open Source di Lembaga Pemerintah
Bidang Prioritas     :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program                 :  Penelitian dan Pengembangan IPTEK
Satker                     :  Puslitbang APTEL SKDI, Departemen Kominfo RI
Tahun Penelitian     :  2008

OSS telah berkembang diberbagai negara sehingga mendorong instansi pemerintahnya untuk menggunakan OSS, karena pada umumnya pemerintahlah yang menjadi motor penggerak pemanfaatan OSS, yaitu melalui pemberian insentif maupun kebijakan-kebijakan yang memihak kepada penggunaan OSS secara nasional. Dalam rangka penerapan kebijakan penggunaan OSS secara nasional di Indonesia maka, upaya ini harus didahului dengan penggunaan OSS di pemerintahan terlebih dahulu.

Evaluasi implementasi OSS di lembaga pemerintah dalam buku ini dilakukan terhadap area implementasi OSS yang meliputi Operating System, Network Security, Dekstop Applications, Server Application, dan Vertical Application. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu identifikasi terhadap kebijakan-kebijakan yang terkait dengan implementasi OSS, evaluasi terhadap implementasi OSS di lembaga pemerintah dan penyusunan alternatif kebijakan implementasi OSS di lembaga pemerintah. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, survei dengan menggunakan kuesioner, wawancara mendalam, serta focus group discussion (FGD). Selanjutnya analisis datanya dilakukan dengan cara analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. 

Dalam implementasi OSS di lembaga pemerintah diperoleh kesimpulan  bahwa tingkat implementasi OSS masih rendah. Daerah dengan tingkat implementasi OSS tertinggi adalah Jakarta sedangkan yang terendah adalah Manado dan Kupang. Diantara 5 (lima) instansi deklarator IGOS, tingkat implementasi tertinggi dimiliki oleh KNRT sedangkan yang terendah adalah Menpan.


Kata Kunci   : Evaluasi, program IGOS, Open Source, lembaga pemerintah.
                       

Outline           :

BAB I Pendahuluan : 1. Latar Belakang, 2. Pertanyaan Penelitian, 3.  Tujuan, 4. Sasaran, BAB II Metodologi Penelitian : 1. Kerangka Analisis, 2. Metode Penelitian, BAB III Evaluasi Pengaruh Igos Dalam Implementasi Oss Di Lembaga Pemerintah : 1. Kebijakan IGOS di Lembaga Pemerintah , 2. Implementasi OSS di Lembaga Pemerintah, 3. Pengaruh Kebijakan IGOS terhadap implementasi OSS di Lembaga Pemerintah, BAB IV Faktor Penggerak Dan Penghambat  Implementasi Oss Di Lembaga Pemerintah : 1. Faktor Penggerak dan Penghambat Implementasi OSS di Lembaga  Pemerintah, 2. Alternatif Kebijakan Implementasi Open Source di Lembaga Pemerintah, BAB V Penutup : 1. Kesimpulan, 2. Saran, daftar Pustaka                                                    


Tujuan Penelitian :

  1. Mengevaluasi implementasi OSS di lembaga pemerintah.
  2. Mengidentifikasi faktor penggerak dan penghambat implementasi OSS


Lokasi Penelitian :

(1). Banda Aceh, (2). Medan, (3). Padang, (4). Jakarta, (5). Yogyakarta, (6). Surabaya, (7). Makasar, (8). Manado, (9). Papua dan (10). Kupang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

VIDEO: Brutal, Puluhan Sepeda Diterjang Mobil

VIVAnews - Acara sepeda santai yang digelar 'Critical Mass' di Porto Alegre, Brasil, pada penghujung Februari 2011 kemarin, berubah jadi tragedi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Saat itu sekitar 130 pesepeda tengah melintas di jalan raya. Mereka baru saja memulai aktivitas ramah lingkungan sesuai misi Critical Mass.

Saat tengah asyik bersepeda, tiba-tiba saja Neis yang mengendarai mobil VW-nya menerjang mereka dari belakang dengan kecepatan tinggi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Sekitar 20 pesepeda jadi korban. Mereka terpental, bergelimpangan di jalan. Bahkan tidak sedikit di antara mereka tersangkut di kap mobil Neis berikut sepedanya. Para korban mengalami luka ringan maupun berat. Jerit tangis dan teriakan langsung membahana di jalan. Neis pun diamankan polisi.

Sekadar diketahui Critical Mass adalah sebuah acara bersepeda yang biasanya digelar pada hari Jumat terakhir setiap bulan, di lebih dari 300 kota di seluruh dunia.

Saksikan video brutal Neis di sini.

sumber : • VIVAnews http://dunia.vivanews.com/news/read/207196-video--brutal--puluhan-sepeda-diterjang-mobil


Video Tragedi Sepeda di Brazil