Jumat, 29 April 2011

Studi Standarisasi Web Design Pada Kelembagaan di Daerah

ABSTRAK

Judul Penelitian      : Studi Standarisasi Web Design Pada Kelembagaan
                                   di Daerah
Bidang Prioritas     :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program                  :  Penelitian dan Pengembangan IPTEK
Satker                      :  Puslitbang APTEL SKDI, Departemen Kominfo RI
Tahun Penelitian     :  2010

Agak berbeda dengan penelitian-penelitian yang pernah dilakukan sebelum ini, maka pada penelitian kali ini dilatar belakangi oleh satu kehendak untuk mengetahui lebih mendalam. Apakah terdapat kesesuaian dengan standard teknis yang ditentukan dalam Buku Panduan Situs Web Pemerintah Daerah Versi 1.0 Agustus 2003. Selain itu adakah hal-hal yang sangat spesifik yang berbeda antara situs web pemerintah daerah yang satu dengan situs web pemerintah daerah lainnya. Secara keseluruhan maka penelitian ini berupaya untuk melengkapai penelitian yang bersifat “evaluatif” seperti yang telah dilakukan pihak lain sebelum ini. 

Sehubungan dengan tujuan tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam serta pengamatan berjarak (bukan partisipan). Dari pengamatan berjarak ini secara Nasional hasilnya menunjukkan adanya perbedaan antara situs satu dengan lainnya. Terdapat Pemda yang sudah memiliki situs web tetapi tidak bisa dioperasikan karena ketidak jelasan siapa pengelola situs web, atau dikarekan terputusnya hubungan jaringan dengan tempat hosting/collocation situs web karena tidak membayar sewa tahunan; terdapat Pemda yang sudah memiliki situs web tetapi menggunakan nama domain.com; terdapat Pemda yang sudah memiliki situs web tetapi tidak lancar di dalam pengoperasiannya disebabkan tidak tersedianya dana operasional; terdapat Pemda yang sudah memiliki situs web disertai dengan sejumlah aplikasi layanan publik, dan tidak mendapatkan hambatan di dalam pengoperasiannya.

Sedemikian jauh ketika penelitian ini dihadapkan pada data yang terkumpul dari delapan lokasi penelitian, yakni situs web pemerintah daerah; hasilnya menunjukkan adanya situs web yang sangat spesifik kedaerahan. Situs web sumutprov.go.id menampilkan potensi dan keunggulan daerah Sumatera Utara, berupa: pengembangan kawasan agropolitan serta marine and coastal  resources manajemen project. Sedangkan pada situs web jatengprov.go.id pada landmarknya menampilkan slogan “Bali Deso Mbangun Deso”, sebuah “ajakan kepada para perantau asal jawa Tengah untuk kembali ke Tanah asalnya untuk bersama masyarakat lainnya membangun Jawa Tengah”.

Kata Kunci   : Situs web pemerintah, pemda.


Outline           :

BAB I, Pendahuluan : A.Latar Belakang Pemikiran, B. Permasalahan, C. Tujuan, D. Keluaran, E. Penelitian yang Pernah Dilakukan Sebelumnya. F. Metode. BAB II, Gambaran Umum Situs Web Pemerintah Daerah : A. Meningkatnya Jumlah Situs Web Pemerintah Daerah, B. Daftar Situs Web Pemerintah Daerah, C. Alasan Belum Adanya Situs Web, D. Alasan Adanya Situs Web Offline. BAB III, Temuan Data Lapangan : A. Situs Web Pemerintah Provinsi Jawa, B. Situs Web Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tengah, C. Situs Web Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, D. Situs Web Pemerintah Provinsi D.I Jogjakarta, E. Situs Web Pemerintah Provinsi Bali, F. Situs Web Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, BAB IV, Penutup : A. KESIMPULAN, B.   SARAN.


Tujuan Penelitian : 

  1. Untuk mengidentivikasi standarisasi pengelolaan web desain lembaga pemerintah di daerah,
  2. Untuk melihat seberapa besar isi informasi local di publikasikan melalui website lembaga pemerintah di daerah,
  3. Untuk melihat hambatan yang di hadapi dalam mengelola publikasi melalui tampilan di website lembaga pemerintah di daerah

Lokasi Penelitian :

(1). Bandung, (2). Medan, (3). Jokyakarta, (4). Surabaya, (5). Makasar, (6). Denpasar dan (7). Mataram

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

VIDEO: Brutal, Puluhan Sepeda Diterjang Mobil

VIVAnews - Acara sepeda santai yang digelar 'Critical Mass' di Porto Alegre, Brasil, pada penghujung Februari 2011 kemarin, berubah jadi tragedi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Saat itu sekitar 130 pesepeda tengah melintas di jalan raya. Mereka baru saja memulai aktivitas ramah lingkungan sesuai misi Critical Mass.

Saat tengah asyik bersepeda, tiba-tiba saja Neis yang mengendarai mobil VW-nya menerjang mereka dari belakang dengan kecepatan tinggi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Sekitar 20 pesepeda jadi korban. Mereka terpental, bergelimpangan di jalan. Bahkan tidak sedikit di antara mereka tersangkut di kap mobil Neis berikut sepedanya. Para korban mengalami luka ringan maupun berat. Jerit tangis dan teriakan langsung membahana di jalan. Neis pun diamankan polisi.

Sekadar diketahui Critical Mass adalah sebuah acara bersepeda yang biasanya digelar pada hari Jumat terakhir setiap bulan, di lebih dari 300 kota di seluruh dunia.

Saksikan video brutal Neis di sini.

sumber : • VIVAnews http://dunia.vivanews.com/news/read/207196-video--brutal--puluhan-sepeda-diterjang-mobil


Video Tragedi Sepeda di Brazil