Senin, 21 Februari 2011

Fenomena sepeda Fixie



Sepeda Fixie saat ini, menjadi sepeda yang fenomenal, tiba-tiba melejit membuming diantara semakin menjamurnya sepeda motor diperkotaan. Sepeda Fixie menjadi sepeda trend masa kini, menjadi sepeda gaul, sepeda anak muda sekarang, bahkan penulispun putrinya yang biasa suka naik sepeda motor di masa SMU, sekarang berkeinginan  untuk dibelikan sepeda Fixie, dia tidak minta sepeda motor yang baru untuk kuliah. Sebenarnya penulis berencana untuk membelikan sepeda motor baru untuk kuliah, tetapi yang dia inginkan cuma sepeda Fixie, kenapa?. Inilah fenomena perkembangan sepeda Fixie masa sekarang, sepeda yang menjamur dikalangan muda, bahkan sepeda Fixie sudah ada komunitas facebooknya yaitu http://www.facebook.com/pages/Komunitas-Sepeda-FIXIE/127322507310805  yang sampai hari ini 21 Februari 2011, sudah berjumlah 10617 orang yang klik suka. 

Konon putri penulispun walau belum punya sepeda Fixie, (padahal dirumah ada sepeda mini tidak dianggap ada sepeda hehehe) sudah punya klub sepeda Fixie, yang anggotanya teman-teman SMU-nya dan teman-teman sekitar tempat tinggal, bahkan teman-teman kuliahnya juga sedah banyak yang punya.  Akhirnya 19 Maret 2011, putriku sudah memiliki sepeda Fixie, dia dapat membeli sepeda Fixie berkat menyisihkan uang sakunya, dia membeli komponen-komponen sepeda Fixie seperti kerangka, roda, ban, stang dll. Kemudian dia rakit komponen sepeda Fixie tersebut bersama dengan teman-temannya. (gambar disamping adalah gambar kegiatan grup sepeda Fixie Putriku)

Bukan rumah saja yang sekarang trend, dengan gaya minimalis, sepeda Fixie dikatakan identik dengan gaya minimalis, sepeda ini tampilannya sederhana, tetapi kren dan semarak, bak pelangi. Sepeda ini keunikan adalah pada warnanya, bisa dikombinasikan warna-warna yang disukai, pada kerangka, stang maupun rida dan bannya. Sepeda Fixie memang memiliki bobot lebih ringan di bandingkan sepeda biasa. Rata rata beratnya tidak lebih dari 11 kg, bahkan ada yang jauh lebih ringan. Sepeda ini murah artinya bisa terjangkau kemampuan kantong, kalau mau sederhana, tetapi bisa juga mahal, kalau mengunakan perangkat dan produk yang bermerk atau yang berkualitas.  Sepeda ini rancangannya tidak ribet. Sepeda Fixie tidak memiliki rem, seperti sepeda pada umumnya, pedal terus berputar selama roda mengelinding. Itulah sepeda yang sedang tren dikalangan muda sampai pekerja. Mengunakan sepeda tidak hanya sebagai alat transportasi, tetapi untuk gaya hidup. Membangun sepeda Fixie boleh dibilang gampang gampang susah, urusan komponen begitu banyak dan sebagian bisa dikombinasikan dengan komponen sepeda balap. Hanya sepeda Fixie lebih sederhana, ibarat kalangan muda dengan gaya tersendiri sehingga bisa membuat sepeda sesuka hati.

"Banyak orang beranggapan bahwa sepeda fixie selalu mahal. Padahal tidak, membangun sepeda fixie tergantung dari kebutuhannya. Kalau memang mau yang berbeda dengan punya orang lain ya mahal. Tapi kemarin ada teman kita bangun Fixie dengan budget sekitar Rp1 jutaan, kok," ujar pentolan Fixed Sector, Mukrullah Ully, ketika dihubungi INILAH.COM, Kamis (2/12). Ully menambahkan bahwa konsep sepeda fixie adalah untuk kaum urban. Sementara itu, Marketing and Promotion Manager Rocket, Tendon Pramugiri, mengatakan bahwa fixie identik dengan lifestyle bicycle. "Sekitar 80% dari pengguna sepeda fixie bukanlah cyclist atau orang yang benar-benar gowes sebagai alat transportasi sehari-hari dan bukan atlit," ujarnya.

Harga sepeda Fixie untuk minimum dengan komponen seadanya dapat mencapai 1.5 juta. Harga sepeda Fixie yang cukup lumayan sekitar 2.5 juta atau lebih. Sedangkan harga sepeda Fixie rakitan tipe generic dengan komponen cukup baik mencapai 2.5 juta - 3 juta (sudah turun 18 Januari 2011). Tipe sepeda fixie bermerek umumnya berada di atas 4 juta, tergantung komponen yang sedang in. Harga sepeda Polygon Fixie Zenith FX 2011 misalnya dijual sekitar 3.9 juta saja, dan sudah siap dipakai. Harga frame fixie polos. Mau merakit sendiri, frame termurah dan polos tanpa cat ada yang menjual dengan harga 500 ribuan tipe besi, aluminium lebih mahal, dan terus naik untuk model yang sudah di cat.

Adapun ciri fisik sepeda Fixie identik dengan sepeda tanpa rem, tanpa gear dinamis belakang. Semua dibuat fix, roda berputar maka pedal ikut berputar. Mengerem sepeda Fixie hanya mengandalkan kekuatan pedal dengan menahan laju atau mendorong pedal ke belakang serta dibantu dari roda depan. Remnya adalah kekuatan kaki kita untuk menahan pedal yang selalu berputar ke depan. Ban sepeda Fixie juga tipis, sehingga ringan ketika di genjot. dan yang lain menarik pada bagian stang. Dimana stang atau handlebar sepeda Fixie dibuat dengan tegak lurus. Minimalis disain menjadi ciri sepeda single speed ini. Yang paling asik dengan sepeda fixie, sepeda ini bisa maju mundur sesuka hati. Digenjot bisa maju atau digenjot ke belakang maka sepeda akan mundur. Maklum sepeda ini mengunakan fixed gear atau gear tetap.

Bagaimana memiliki sepeda Fixie beli jadi atau merakit sendiri, kalau beli menghemat waktu dan tenaga, harga tergantung hati dan budget. Pilihan ini baik untuk mereka yang belum memiliki rangka sepeda atau tidak mau repot. Harga relatif lebih mahal, dan komponen umumnya lebih bermutu. Kalau merakit sendiri ini lebih repot, tetapi ketika jadi akan memenuhi hati pemiliknya. Beli dari rangka kosong sudah banyak dijual, atau bisa memilih rangka polos dan di cat sendiri. Bisa juga mengunakan frame sepeda balap lama. Komponen dari roda dilepas dan diganti dengan komponen sepeda Fixie yang simpel. Untuk ukuran frame sepeda balap tua umumnya masih bisa dipakai, rata rata sepeda Fixie dirancang untuk ban 700C. Jadi bisa saja sepeda jenis road bike lama memasukan hub jenis 700c yang lebih kecil. Ingin meninggalkan sejarah pada sepeda, boleh juga mempertahankan bagian stang road bike. Sisanya boleh di modifikasi.

Komponen sepeda fixie tahun ini sudah sangat banyak dan murah. Mau menganti ban dengan warna merah juga boleh, atau kuning susu juga ada, atau membuat sepeda dengan warna putih semuanya juga bisa. Urusan frame, bila membeli frame jenis rakitan lebih seru. Beli frame polos lalu di cat sesuka hati pemiliknya. Velg atau rim fixie, memiliki beraneka model walaupun bentuknya sama bundar tetapi ada beberapa velg dibuat lebih tebal. Warnanya dari hitam dan putih sudah banyak dipasaran. Urusan stang sepeda fixie juga unik. Dibuat lebih pendek sehingga bisa menyelinap diantara kemacetan kendaraan. Ingin mempertahankan stang atau handlebar sepeda lama juga boleh.

Tidak semua frame sepeda bisa dijadikan Fixie. Bila ingin merubah sepeda lama menjadi sepeda Fixie ada baiknya memperhatikan penyanggah roda belakang yang ada. Bila sepeda lama anda ingin dirubah, sebaiknya memperhatikan kedudukan garpu roda belakang. Tetapi apabila masih bingung untuk memodifikasinya, sebaiknya konsultasi dengan penjual. Apakah kedudukan frame sepeda anda dapat dipakai untuk Fixie atau tidak.

Mengingat rancangan sepeda fixie akan terlihat modis, maka warna ban mengikuti warna sepeda sehingga akan terlihat lebih matching. Umumnya ban sepeda Fixie mengunakan ukuran saat ini seperti Road Bike (sepeda balap) atau Hyrid Bike (sepeda dalam kota) dengan velg / Rim 700c dengan ukuran ban 19 – 23 C. Harga ban sepeda Fixie bermacam macam, ban tanpa merek bisa dibeli hanya seharga puluhan ribu saja. Tapi untuk model bermerek terkenal harganya bisa melambung diatas 125 ribu dari produk CST tipe Wireband.

Salah satu komponen penting untuk sepeda Fixie adalah bagian Headset. Bagian ini sebagai penghubung frame dan fork/garpu depan sepeda fixie. Agar awet sebaiknya menggunakan tipe bearing. Harganya jauh lebih mahal, sekitar 250 ribu. Bagian Rim atau Velg sepeda Fixie, ada 2 pilihan. Pertama rim klasik dengan bentuk seperti velg sepeda biasa atau sama dengan rim sepeda Hyrid berukuran 700c. Yang sedang tren adalah velg lebar. Satu catatan saja, untuk komponen roda sepeda Fixie adalah komponen paling mahal dari seluruh sepeda. Harganya mencapai 2 juta untuk roda depan dan roda belakang dengan merek yang berkualitas.

Sumber :
  1. http://www.goesbike.com/articles/791/1/Tentang-sepeda-Fixie-atau-single-gear-bike-Update/Page1.html
  2.  http://gowes.inilah.com/read/detail/1027422/membangun-sepeda-fixie-tak-selalu-mahal
  3.  http://gokilonline.com/fenomena-sepeda-fixie-dikalangan-anak-muda/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

VIDEO: Brutal, Puluhan Sepeda Diterjang Mobil

VIVAnews - Acara sepeda santai yang digelar 'Critical Mass' di Porto Alegre, Brasil, pada penghujung Februari 2011 kemarin, berubah jadi tragedi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Saat itu sekitar 130 pesepeda tengah melintas di jalan raya. Mereka baru saja memulai aktivitas ramah lingkungan sesuai misi Critical Mass.

Saat tengah asyik bersepeda, tiba-tiba saja Neis yang mengendarai mobil VW-nya menerjang mereka dari belakang dengan kecepatan tinggi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Sekitar 20 pesepeda jadi korban. Mereka terpental, bergelimpangan di jalan. Bahkan tidak sedikit di antara mereka tersangkut di kap mobil Neis berikut sepedanya. Para korban mengalami luka ringan maupun berat. Jerit tangis dan teriakan langsung membahana di jalan. Neis pun diamankan polisi.

Sekadar diketahui Critical Mass adalah sebuah acara bersepeda yang biasanya digelar pada hari Jumat terakhir setiap bulan, di lebih dari 300 kota di seluruh dunia.

Saksikan video brutal Neis di sini.

sumber : • VIVAnews http://dunia.vivanews.com/news/read/207196-video--brutal--puluhan-sepeda-diterjang-mobil


Video Tragedi Sepeda di Brazil