Jumat, 29 April 2011

Studi Potensi Pengembangan Industri TIK Nasional Dalam Mendukung Penerapan Smart Card Dan RFID

ABSTRAK

Judul Penelitian      : Studi Potensi Pengembangan Industri TIK Nasional Dalam
                                 Mendukung Penerapan Smart Card Dan RFID
Bidang Prioritas     :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program                 :  Penelitian dan Pengembangan IPTEK
Satker                     :  Puslitbang APTEL SKDI, Departemen Kominfo RI
Tahun Penelitian     :  2009

Hasil dilapangan mengungkapkan bahwa Pemerintah sangat perlu memberikan dukungan insentif dalam penerapan smart card dalam skala luas dengan berbagai kesempatan pengembangan. Dukungan jaminan pengembangan pasar bagi teknologi yang dikembangkan. Karena dampak pemanfaatan smart card dan RFID bagi struktur industri TIK saat ini cukup menguntungkan bagi tingkat pelayanan pemerintah pada masyarakat indonesia. Responden mengharapkan untuk dapat menggunakan smart card pada bidang kartu kredit (64 responden), E-toll (31 responden), KTP (26 responden) dan pengganti uang cash sebanyak 25 responden. 

Artinya sebagaian besar responden mengharapkan beberapa transaksi yang harus ditempuh dengan berbagai prosedur dan mengakibatkan antrian yang banyak harus segera diganti dengan smart card.  Kemampuan bangsa indonesia untuk mengembangkan aplikasi layanan smart card, tidak perlu diragukan potensinya. Meski beberapa langkah tertinggal dari beberapa negara tetangga. Namun yang lebih penting untuk dibangun saat ini adalah blue-print pemerintah, khususnya dalam pemetaan dalam kurun waktu lima hingga 15 tahun ke depan yang berkaitan dengan pengembangan dan penerapan smart card. 

Untuk mewujudkan upaya itu, pemerintah juga diharapkan menyiapkan kebijakan yang terkait dengan standardisasi penerapan smart card maupun RFID. Dengan adanya standar yang jelas, akan memberikan kepastian dan kemudahan bagi berbagai pihak termasuk perbankan untuk memberikan dukungan bagi penerapan smart card tersebut. Perlu juga dirumuskan roadmap penerapan dan pemanfaatan smart card yang dikaitkan dengan berbagai rencana berskala luas, pengembangan teknologi, serta pola dukungan terhadap industri yang ingin dikembangkan.


Kata Kunci   : Smart card, RFID (Radio Frequency Identification), blue-print.


Outline           :

BAB 1 Pendahuluan : 1. Latar Belakang, 2 Perumusan Masalah, 3. Maksud Dan Tujuan Penelitian, 4. Kegunaan Penelitian, 5. Manfaat Penelitian, 6. Ruang Lingkup Pekerjaan, BAB 2 Tinjauan Permasalahan : 1. Latar Belakang, 2. Perkembangan Pemanfaatan Smart Card, 3. Menuju Masyarakat Informasi Indonesia (E-Indonesia), BAB 3 Metodologi Pelaksanaan Pekerjaan  : 1. Kerangka Pemikiran, 2. Metodologi, BAB 4 Rencana Pelaksanaan Kegiatan, BAB 5 Alokasi Dan Organisasi Tenaga Ahli, BAB 6 Hasil Penelitian : 1. Kuisioner, 2. Hasil Wawancara, 3. Focus Group Discussion (FGD), BAB 7 Kesimpulan Dan Saran


Tujuan Penelitian :

  1. Mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang potensi dukungan terhadap pengembangan industri TIK Nasional dalam penerapan smart card dan RFID di Indonesia.
  2. Memberikan menjamin dan melindungi para stakeholder agar terhindar dari resiko yang dikhawatirkan akan timbul sekaligus mendorong dan meningkatkan pendayagunaan smart card dalam kehidupan masyarakat.


Lokasi Penelitian :

Bandung, Batam dan Surabaya  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

VIDEO: Brutal, Puluhan Sepeda Diterjang Mobil

VIVAnews - Acara sepeda santai yang digelar 'Critical Mass' di Porto Alegre, Brasil, pada penghujung Februari 2011 kemarin, berubah jadi tragedi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Saat itu sekitar 130 pesepeda tengah melintas di jalan raya. Mereka baru saja memulai aktivitas ramah lingkungan sesuai misi Critical Mass.

Saat tengah asyik bersepeda, tiba-tiba saja Neis yang mengendarai mobil VW-nya menerjang mereka dari belakang dengan kecepatan tinggi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Sekitar 20 pesepeda jadi korban. Mereka terpental, bergelimpangan di jalan. Bahkan tidak sedikit di antara mereka tersangkut di kap mobil Neis berikut sepedanya. Para korban mengalami luka ringan maupun berat. Jerit tangis dan teriakan langsung membahana di jalan. Neis pun diamankan polisi.

Sekadar diketahui Critical Mass adalah sebuah acara bersepeda yang biasanya digelar pada hari Jumat terakhir setiap bulan, di lebih dari 300 kota di seluruh dunia.

Saksikan video brutal Neis di sini.

sumber : • VIVAnews http://dunia.vivanews.com/news/read/207196-video--brutal--puluhan-sepeda-diterjang-mobil


Video Tragedi Sepeda di Brazil