Minggu, 20 Februari 2011

Sepeda Fixie

Sekilas tentang sepeda Fixie atau single gear, merancang dan membeli

Sepeda Fixie identik dengan gaya minimalis, murah dan tidak ribet. Sepeda Fixie tidak memiliki rem, pedal terus berputar selama roda mengelinding. Itulah sepeda yang sedang tren dikalangan muda sampai pekerja. Mengunakan sepeda tidak hanya sebagai alat transportasi, tetapi untuk gaya hidup. Membangun sepeda Fixie boleh dibilang gampang gampang susah, urusan komponen begitu banyak dan sebagian bisa dikombinasikan dengan komponen sepeda balap. Hanya sepeda Fixie lebih sederhana, ibarat kalangan muda dengan gaya tersendiri sehingga bisa membuat sepeda sesuka hati.


Gaya dan Model Sepeda Fixie

Dibawah ini beberapa model dari sepeda Fixie, berwarna cerah dengan ciri hanya satu crank / gigi depan dan satu sproket / gigi belakang












Model dibawah ini dilengkapi dengan rem depan dan belakang dan rancangan mengikuti sepeda Road bike




Slogan Fixie.
Murah, Ringan tetapi Kuat. Berburulah untuk mencari komponen yang ringan. Sepeda Fixie yang sederhana membuat kalangan muda mencintai rancangan sepeda baru ini.

Apakah ciri dari sepeda Fixie.


Sepeda Fixie identik dengan sepeda tanpa rem, tanpa gear dinamis belakang. Semua dibuat fix, roda berputar maka pedal ikut berputar. Mengerem sepeda Fixie hanya mengandalkan kekuatan pedal dengan menahan laju atau mendorong pedal ke belakang serta dibantu dari roda depan.

Ban sepeda Fixie juga tipis, sehingga ringan ketika di genjot. dan yang lain menarik pada bagian stang. Dimana stang atau handlebar sepeda Fixie dibuat dengan tegak lurus. Minimalis disain menjadi ciri sepeda single speed ini.

Bagaimana memiliki, membangun atau membuat sepeda Fixie.

Ada 2 pilihan.

Beli jadi, menghemat waktu dan tenaga, harga tergantung hati dan budget. Pilihan ini baik untuk mereka yang belum memiliki rangka sepeda atau tidak mau repot. Harga relatif lebih mahal, dan komponen umumnya lebih bermutu.

Harga sepeda Fixie untuk minimum dengan komponen seadanya dapat mencapai 1.5 juta. Harga sepeda Fixie yang cukup lumayan sekitar 2.5 juta atau lebih. Sedangkan harga sepeda Fixie rakitan tipe generic dengan komponen cukup baik mencapai 2.5 juta - 3 juta (sudah turun 18 Januari 2011). Tipe sepeda fixie bermerek umumnya berada di atas 4 juta, tergantung komponen yang sedang in.

Merakit atau modifikasi dari sepeda bekas.


Yang ini lebih repot, tetapi ketika jadi akan memenuhi hati pemiliknya. Beli dari rangka kosong sudah banyak dijual, atau bisa memilih rangka polos dan di cat sendiri.

Bisa juga mengunakan frame sepeda balap lama. Komponen dari roda dilepas dan diganti dengan komponen sepeda Fixie yang simpel. Untuk ukuran frame sepeda balap tua umumnya masih bisa dipakai, rata rata sepeda Fixie dirancang untuk ban 700C. Jadi bisa saja sepeda jenis road bike lama memasukan hub jenis 700c yang lebih kecil. Ingin meninggalkan sejarah pada sepeda, boleh juga mempertahankan bagian stang road bike. Sisanya boleh di modifikasi.

Harga sepeda Polygon Fixie Zenith FX 2011 misalnya dijual sekitar 3.9 juta saja, dan sudah siap dipakai. Harga frame fixie polos. Mau merakit sendiri, frame termurah dan polos tanpa cat ada yang menjual dengan harga 500 ribuan tipe besi, aluminium lebih mahal, dan terus naik untuk model yang sudah di cat.

Apa keunikan dari sepeda Fixie

Ini gaya sepeda anda, masalah warna mengikuti selera. Komponen sepeda Fixie tahun ini sudah sangat banyak dan murah. Mau menganti ban dengan warna merah juga boleh, atau kuning susu juga ada, atau membuat sepeda dengan warna putih semuanya juga bisa.

Urusan frame, bila membeli frame jenis rakitan lebih seru. Beli frame polos lalu di cat sesuka hati pemiliknya.
Velg atau Rim Fixie, memiliki beraneka model walaupun bentuknya sama bundar tetapi ada beberapa velg dibuat lebih tebal. Warnanya dari hitam dan putih sudah banyak dipasaran.

Urusan Stang sepeda Fixie juga unik. Dibuat lebih pendek sehingga bisa menyelinap diantara kemacetan kendaraan. Ingin mempertahankan stang atau handlebar sepeda lama juga boleh.

Yang paling asik dengan sepeda Fixie, sepeda ini bisa maju mundur sesuka hati. Digenjot bisa maju atau digenjot kebelakang maka sepeda akan mundur. Maklum sepeda ini umumnya mengunakan gigi belakang tipe fix gear atau gear tetap.

Yang pasti , karena mengikuti gaya minimalis. Sepeda Fixie memang ringan. Rata rata beratnya tidak lebih dari 11kg, bahkan ada yang jauh lebih ringan.
  
Apa yang perlu dipertimbangkan dalam modifikasi Frame sepeda lama ke Fixie

Tidak semua frame sepeda bisa dijadikan Fixie. Bila ingin merubah sepeda lama menjadi sepeda Fixie ada baiknya memperhatikan penyangah roda belakang.yang ada.

Kedudukan sepeda Fixie umumnya seperti gambar dibawah ini. Kedudukan roda pada sepeda dibawah ini paling baik. Karena rantai dapat ditegangkan dengan tarikan gear hub belakang.




Gambar bawah ini adalah bagian gear hub belakang. Sepeda Fixie mengunakan tiang hub permanen dengan mur, dan berbeda dengan rancangan sepeda MTB atau Road Bike modern yang mudah dilepas pasang.



Bila sepeda lama anda ingin dirubah, sebaiknya memperhatikan kedudukan garpu roda belakang.
Pada gambar kiri bawah, slot roda terlalu pendek. Tetapi masih memungkinkan untuk dimodifikasi, sebaiknya konsultasi dengan penjual. Apakah kedudukan frame sepeda anda dapat dipakai untuk Fixie



Sedangkan gambar diatas kanan. Frame sepeda dengan kedudukan roda belakang seperti ini dikatakan paling banyak dipakai oleh produsen sepeda saat ini. Mengingat rantai sepeda fixie harus memiliki ketegangan tertentu pada bagian roda belakang untuk menarik rantai. Frame sepeda dengan kedudukan roda belakang seperti itu harus ditarik setelah memasang rantai sepeda. Produsen Fix Gear Cannondale , Cinelli , Raleigh, Bianchi dan lainnya, mengunakan rancangan kedudukan roda di garpu belakang dengan model tersebut.

Model frame sepeda Fixie seperti gambar dibawah ini. Ada yang dijual polos, material dari bahan besi atau aluminium yang ringan. Harga frame fixie tipe generic misalnya mencapai 500 ribu tipe besi, untuk bahan aluminium diatas 1 juta. Tergantung model dari pemasok untuk tipe generik. Atau yang bermerek akan lebih mahal lagi memiliki merek dan sudah di cat dan dijual lengkap (full bike Fixie)





Apakah harus mengikuti gaya Fixie yang sama.

Tidak juga. Ini sepeda gaya anak muda. Sepeda Fixie adalah sepeda bebas. Bila memodifikasi sepeda lama, anda boleh meninggalkan sedikit sejarah sepeda anda. Caranya dengan mempertahankan komponen rem, stang sepeda lama atau sadel anda. Kecuali bagian gear seperti hub, sproket belakang dan crank dari gigi depan (bila ingin diganti). Jadi sepeda Fixie adalah sepeda bebas. Kecuali gear yang dirubah menjadi Fix Gear atau sepeda dengan single gear

Hub sepeda Fixie bisa dipasang dual sprocket (Flip Flop) atau rem tromol

Spare part bagian roda hub sepeda fixie sudah banyak jenisnya. Salah satu model hub untuk gear atau gigi belakang sepeda ada yang ganda atau disebut Flip-flop hub. Misalnya anda ingin mengunakan gaya fixie penuh, bisa dipasang sprocket / gigi belakang tetap. Ban berputar, maka pedal anda terus berputar. Bila ingin santai dan mengunakan sepeda sebagai dalam kota, roda belakang dibalik untuk mengunakan sprocket / gigi bergerak seperti biasa. Tentunya diperlukan rem sepeda bila mengunakan dual sprocket / gigi.




Model lain adalah rem tromol pada hub belakang. Mungkin tidak sepenuhnya menjadi sepeda Fixie, tetapi memudahkan seseorang merancang sepeda bergaya Fixie untuk sepeda dalam kota. Rem mengandalkan bagian roda belakang dengan rem tromol. Tetapi sepeda tidak bisa dibuat maju mundur seperti gaya Fixie. Komponen rem tromol ini tidak banyak yang memakai, dengan alasan bobot lebih berat.



Urusan Sparepart crank Fixie.

Namanya sepeda kalangan muda, tidak terikat dengan pabrikan atau merek. Semua suka suka, dan dikabarkan dari mulut ke mulut atau komunitas Fixie. Hunting komponen merupakan ritual dari komunitas sepeda Fixie. Salah satu sparepart yang suka dicari seperti Crank merek Sugino 48 gigi buatan hanya dijual 250 ribu (belum termasuk BB). Crank tersebut banyak dipakai oleh pencinta sepeda Fixie. Bukan saja bagus, tetapi ringan karena dibuat dengan bahan aluminium. Yang lain dapat mengunakan crank sepeda gunung seperti produk dari Shimano Alivio. Hanya bagian ring crank dalamnya dilepas, dan hanya mengunakan ring utama saja.

Beberapa orang memilih produk crank khusus yang sederhana untuk fixie, selain lebih ringan, bentuknya lebih styles. Urusan crank sebaiknya melihat model frame yang dipakai. Crank sepeda Fixie masih mengunakan sistem lama dengan BB Square atau penahan bujur sangkar



Warna ban sepeda fixie. 

Ceritanya harus diburu, mengingat rancangan sepeda fixie akan terlihat modis, maka warna ban mengikuti warna sepeda sehingga matching. Umumnya ban sepeda Fixie mengunakan ukuran saat ini seperti Road Bike (sepeda balap) atau Hyrid Bike (sepeda dalam kota) dengan velg / Rim 700c dengan ukuran ban 19 - 23 C. Harga ban sepeda Fixie bermacam macam, buatan tanpa merek hanya puluhan ribu saja. Tapi untuk model bermerek terkenal bisa melampung diatas 125 ribu dari produk CST tipe Wireband.






Ukuran ban dalam sepeda Fixie umumnya untuk ban tipis seperti Road Bike. Dibawah ini model ban untuk Fixie buatan CST



Headset sepeda Fixie.
Satu komponen penting untuk sepeda Fixie adalah bagian Headset. Bagian ini sebagai penghubung frame dan fork / garpu depan sepeda fixie. Agar awet sebaiknya mengunakan tipe bearing. Harganya jauh lebih mahal, sekitar 250 ribu dari produk Token.



Bagian Rim atau Velg sepeda Fixie

Ada 2 pilihan. Pertama rim klasik dengan bentuk seperti velg sepeda biasa atau sama dengan rim sepeda Hyrid berukuran 700c. Yang sedang tren adalah velg lebar. Velg atau Rim sepeda Fixie seperti gambar dibawah ini lebih dipilih.
Satu catatan saja, untuk komponen roda sepeda Fixie adalah komponen paling mahal dari seluruh sepeda. Harganya mencapai 2 juta untuk roda depan dan belakang berkualitas.
Tetapi velg atau rim sepeda Fixie sejenis berwarna saat ini mulai turun, harga velg Fixie hanya 200 ribuan saja.




Komponen stang Fixie
 


Untuk stang atau handlebar sepeda Fixie tidak terlalu mahal. Banyak tipe dan termurah dimulai dari 40 ribu saja tipe tanpa merek


Rencanakan komponen menjadi target Sepeda Fixie anda, khususnya untuk Fixie Premium.

Sepeda fixie diciptakan untuk indah, murah, tidak repot dan bergaya anak muda. Dengan meningkatkan penguna Fixie dan tren gaya hidup. Sepeda Fixie di Indonesia mulai merambah ke komponen premium. Sebaiknyta tidak terkejut bila melihat Crank untuk Fixie merek Gran Compe, BC harganya mencapai 2 juta. Frame LDG lebih mahal dari sepeda MTB dengan harga 6 juta. Atau Stem Fixie model TAT dengan warna chrome mencapai 900 ribu. Bahkan ban luar sepeda Fixie warna dari Gran Compe, ENE Ciclo, Open Tubuler tipe foldable harganya 400 ribu lebih.

Tentukan dari awal, apakah menginginkan sepeda Fixie biasa saja atau ingin menikmati sepeda Fixie premium. Saat ini sudah banyak toko menjual komponen sepeda Fixie. Dari kelas bawah, menengah sampai premium. Ingin sepeda Fixie boleh saja memilih tipe standar dan di berikan warna agar menarik. Ingin tampil dengan bling bling dari komponen, ada baiknya memiliki kelas komponen premium

Sebelum merancang sepeda Fixie Masterpiece anda, ada baiknya memikirkan jiwa seni anda sebelum membeli komponen. Ibarat sebuah lukisan, sepeda Fixie memiliki nilai seni dari si pemilik. Anda harus mengunakan imajinasi dalam merancang sebuah sepeda Fixie. Untuk sepeda jadi, anda bisa menambahkan komponen yang relatif berbiaya rendah. Seperti menganti warna ban yang sesuai dengan warna frame, memberikan cat pada batang frame Fixie atau mengunakan cutting sticker sehingga tampil beda.

Tetapi untuk Fixie Premium, dimana warna komponen sepeda tidak bisa dirubah kecuali mengganti komponen. Ada baiknya mempertimbangkan dahulu warna komponen apa yang akan dipakai. Jadi pandai pandailah mengatur warna komponen yang menjadi dasar warna sepeda anda. Karena warna dasar komponen sepeda tidak semudah merubah warna frame atau menganti warna ban sepeda.

Rem untuk sepeda Fixie

Ada baiknya anda memasangkan rem pada sepeda fixie anda. Walau sepeda fixie dirancang untuk kemudahan, sederhana dan tampil menarik. Saat ini kami banyak mendengar pengendara sepeda Fixie kesulitaan menghentikan laju sepeda. Bahkan beberapa pengendara sepeda sering terjatuh karena membentur bagian samping mobil. Rem sepeda Fixie memang unik, mengunakan teknik dengan menekan pedal dengan berat badan. Ban belakang yang tipis akan berhenti seketika. Tetapi laju sepeda tidak akan terhenti secara sempurna, khususnya pada kecepatan tinggi. Ada baiknya memasangkan rem V-brake pada roda depan sehingga menambah daya pengereman sepeda anda.


sumber : 

http://www.goesbike.com/articles/791/1/Tentang-sepeda-Fixie-atau-single-gear-bike-Update/Page1.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VIDEO: Brutal, Puluhan Sepeda Diterjang Mobil

VIVAnews - Acara sepeda santai yang digelar 'Critical Mass' di Porto Alegre, Brasil, pada penghujung Februari 2011 kemarin, berubah jadi tragedi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Saat itu sekitar 130 pesepeda tengah melintas di jalan raya. Mereka baru saja memulai aktivitas ramah lingkungan sesuai misi Critical Mass.

Saat tengah asyik bersepeda, tiba-tiba saja Neis yang mengendarai mobil VW-nya menerjang mereka dari belakang dengan kecepatan tinggi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Sekitar 20 pesepeda jadi korban. Mereka terpental, bergelimpangan di jalan. Bahkan tidak sedikit di antara mereka tersangkut di kap mobil Neis berikut sepedanya. Para korban mengalami luka ringan maupun berat. Jerit tangis dan teriakan langsung membahana di jalan. Neis pun diamankan polisi.

Sekadar diketahui Critical Mass adalah sebuah acara bersepeda yang biasanya digelar pada hari Jumat terakhir setiap bulan, di lebih dari 300 kota di seluruh dunia.

Saksikan video brutal Neis di sini.

sumber : • VIVAnews http://dunia.vivanews.com/news/read/207196-video--brutal--puluhan-sepeda-diterjang-mobil


Video Tragedi Sepeda di Brazil