Sabtu, 26 Februari 2011

Indonesia ingin tidak hanya sebagai pembeli tetapi juga ingin sebagai pengembang dan pembuat dari produk TIK

Jakarta, informatika.com – Mandat yang telah diberikan Negara melalui Keppres kepada Detiknas, pertama yaitu agar menyusun strategi TIK secara nasional, kedua  mengkoordinaskan berbagai macam kegiatan ICT, baik pemerintah maupun swasta. Dibeberapa negara bahwa TIK berkolaborasi positif dengan kemajuan suatu bangsa, Indonesia saat ini merupakan pasar yang empuk didunia untuk TIK, penetrasi TIK ini di Indonesia cukup tinggi. Oleh karena itulah, Industri TIK ini perlu di didorong lagi dengan peran pemerintah, agar industri lokal dalam bidang TIK tetap berkembang di negara Indonesia, kata Hasibuan, Wakil Ketua Tim Pelaksana Detiknas.

“Kalau kita tidak segera memanfaatkan strenght, kemajuan teknologi komunikasi Ini mungkin selamanya kita hanya sebagai pembeli, tentunya kita pehitungkan bisa sebagai suatu kapital flight. Indonesia ingin tidak hanya sebagai pembeli tetapi juga ingin sebagai pengembang dan pembuat dari produk TIK”, tuturnya. hal ini mengemuka dalam diskusi pertemuan antara Detiknas dengan Stakeholder  atau praktisi dan penggiat ICT, Rabu, (23/2/2011), di Gedung Kementerian Kominfo.

Hasibuan menyampaikan apa sebenarnya akar permasalah TIK yang ada di Indonesia ini, pertama adalah terbatasnya infrastruktur TIK dan kedua tidak meratanya distribusi infrastruktur TIK, yaitu infrastruktur utama pendukung TIK di Indonesia, untuk itu upaya mengatasi digital devide ini, diantaranya melalui percepatan implementasi Palapa Ring. Walaupun ada prasarana TIK tetapi belum dimanfaatkan untuk kegiatan yang produktif, banyak contohnya, kalau dikaitkan dengan penetrasi telepon seluler, penggunaan telepon seluler itu lebih banyak hanya digunakan untuk SMS atau mengadakan hubungan telepon yang tidak bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup, atau untuk meningkatkan produktfitas kerja, kecuali untuk social networking.

“Dibidang TIK tingkat pembajakan masih relative tinggi, kemudian juga masih lemahnya sinergi dan koordinasi diantara lembaga pemerintah, dan pelaku TIK dalam negeri. Pelaku usaha kecil dan menengah di bidang TIK, masih kesulitan dalam permodalan dan pemasaran. Indonesia dari jumlah SDM banyak sekali, kemudian ada keanekaragaman kita, kalau dalam generic bisnis strategi kita sudah bisa low cost. Terungkap juga dalam diskusi kalau SDM TIK juga luar biasa kita meluluskan hampir 60-70 ribu pertahun SDM TIK, tapi kualitasnya masih kita pertanyakan”, ungkapnya. 

Perkembangan Industri TIK di era globalisasi dapat mendorong perekonomian disuatu negara. Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 240 juta jiwa tahun 2010, merupakan potensi yang besar untuk terus mengembangkan industri TIK di tanah air. Kondisi Industri TIK di tanah air memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang rendah atau dengan kata lain masih sedikit yang menggunakan produk-produk bermuatan lokal. Industri TIK ini meliputi Software, Hardware dan Konten.

Kondisi keberadaan realisasi penanaman modal asing Industri TIK di Indonesia yang terbesar dalam industri jasa telekomunikasi  dengan nilai realisasi lebih dari USD 2,7 miliar. Sedangkan pada industri manufaktur TIK nilai penanaman modal asing terjadi pada industri Radio, Televisi, Alat-alat rekaman suara, dll.

1.   Permasalahan yang timbul terkait dengan Pengembangan Industri TIK di Indonesia yaitu :
a.      Terbatasnya dan tidak meratanya distribusi infrastruktur utama dan pendukung TIK di Indonesia.
b.      Belum optimalnya pemanfaatan prasarana TIK untuk kegiatan produktif.
c.      Birokrasi perijinan membutuhkan waktu yang lama.
d.      Tingkat pembajakan intelektual tinggi.
e.      Lemahnya sinergi dan koordinasi antar pemerintah dan pelaku usaha TIK dalam negeri.
f.        Pelaku usaha kecil dan menengah di bidang TIK, hingga kini masih mengalami kesulitan dalam permodalan dan pemasaran.

2.   Tantangan utama yang dihadapi Indonesia adalah kesenjangan digital yang tinggi, geografi yang tersebar luas serta tingkat kesenjangan sosial ekonomi yang luas, kemudian juga adanya serbuan TIK Asing yang murah.

3.   Tren TIK ke depan menurut Gartner’s dalam strategic technologies tahun 2010 yaitu :
a.      Cloud Computing
b.      Advanced Analytics
c.      Client Computing
d.      IT For Green
e.      Reshaping the data centre
f.        Social computing
g.      Security – activity monitoring
h.      Hash memory
i.         Virtualization for availability
j.         Mobile aplication
Kesemuanya membutuhkan fokus dan strategi penelitian dan pengembanganTIK.

4.   Faktor suksesnya pengembangan TIK di Indonesia yaitu perlu adanya kebijakan yang dilihat dari sinkronisasi investasi TIK nasional, kebijakan fiskal multiyears dan multiyears contract, dan penggunaan komponen TIK lokal. Kemudian perlu adanya SDM yang dilihat dari Peningkatan kualitas SDM TIK dengan kerjasama R&D institusi pendidikan dan peningkatan kualitas SDM TIK untuk Industri TIK. Dan yang terakhir dilihat dari segi kelembagaan yaitu perlu adanya penguatan unit pengelola TIK di lembaga-lembaga pemerintah dan perlu adanya penguatan lembaga strategis TIK dan Cyber security nasional.

5.   Target indikator kinerja utamanya yaitu pertumbuhan industri TIK, pertumbuhan tenaga kerja TIK, pertumbuhan konstribusi ekonomi dari TIK, cakupan produk-produk TIK seperti konten, aplikasi, alat-alat, dll, publikasi mengenai TIK nasional dan internasional, dan peringkat-peringkat TIK : Nation Competitiveness, e-government, ICT Index, dll.

6.   Dalam melakukan pengembangan industri TIK di Indonesia yaitu perlu adanya sinergi proyek-proyek pemerintah dengan industri TIK lokal,  memperhatikan komponen lokal (TKDN) dalam proyek-proyek pemerintah dan dibutuhkan insentif dana untuk pengembangan konten dan aplikasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VIDEO: Brutal, Puluhan Sepeda Diterjang Mobil

VIVAnews - Acara sepeda santai yang digelar 'Critical Mass' di Porto Alegre, Brasil, pada penghujung Februari 2011 kemarin, berubah jadi tragedi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Saat itu sekitar 130 pesepeda tengah melintas di jalan raya. Mereka baru saja memulai aktivitas ramah lingkungan sesuai misi Critical Mass.

Saat tengah asyik bersepeda, tiba-tiba saja Neis yang mengendarai mobil VW-nya menerjang mereka dari belakang dengan kecepatan tinggi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Sekitar 20 pesepeda jadi korban. Mereka terpental, bergelimpangan di jalan. Bahkan tidak sedikit di antara mereka tersangkut di kap mobil Neis berikut sepedanya. Para korban mengalami luka ringan maupun berat. Jerit tangis dan teriakan langsung membahana di jalan. Neis pun diamankan polisi.

Sekadar diketahui Critical Mass adalah sebuah acara bersepeda yang biasanya digelar pada hari Jumat terakhir setiap bulan, di lebih dari 300 kota di seluruh dunia.

Saksikan video brutal Neis di sini.

sumber : • VIVAnews http://dunia.vivanews.com/news/read/207196-video--brutal--puluhan-sepeda-diterjang-mobil


Video Tragedi Sepeda di Brazil