Contoh 1 :
KODE UNIT : TIK.AD02.013.01
JUDUL UNIT : Membuat Desain Iklan
DESKRIPSI UNIT : Unit ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam membuat desain iklan.
ELEMEN KOMPETENSI | KRITERIA UNJUK KERJA |
1. Menyiapkan materi | 1.1 Ide diidentifikasi |
1.2 Referensi dikumpulkan |
1.3 Referensi yang sesuai dipilih 1.4 Media aplikasi ditentukan |
2. Implementasi ide | 2.1 Aplikasi dipilih |
2.2 Ide divisualkan |
2.3 Implementasi desain dipresentasikan internal |
BATASAN VARIABEL :
1. Konteks Variabel
Unit ini berlaku dalam menyiapkan materi dan implementasi ide yang digunakan untuk membuat desain iklan pada bidang periklanan.
2. Perlengkapan untuk membuat desain iklan mencakup tidak terbatas pada:
2.1 Ide kreatif
2.2 Aplikasi komputer
2.3 Internet
2.4 Referensi desain
2.5 Komputer
3. Tugas pekerjaan untuk membuat desain iklan meliputi :
3.1 Menyiapkan materi
3.2 Implementasi ide
4. Peraturan-peraturan untuk membuat desain iklan meliputi :
4.1 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen
4.2 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers
4.3 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran
4.4 Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2003 tentang Pengamanan Rokok bagi Kesehatan.
4.5 Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor Kep.368/MEN.KES/SK/IV/1994 tentang Pedoman Periklanan Obat Bebas, Obat Tradisional, alat Kesehatan, Kosmetika, perbekalan Kesehatan Rumah Tangga, Makanan-Minuman.
4.6 Peraturan BPPOM Nomor...... Tahun 2008 tentang Pedoman Periklanan Pangan
4.7 Etika Pariwara Indonesia Tahun 2005 (revisi ketiga)
PANDUAN PENILAIAN :
1. Penjelasan prosedur penilaian
Alat, bahan dan tempat penilaian serta unit kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya yang diperlukan sebelum menguasai unit kompetensi ini dengan unit-unit kompetensi yang terkait :
1.1 Unit kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya, meliputi :
1.1.1 TIK.AD02.014.01 Memilih channel komunikasi pemasaran
1.2 Unit kompetensi yang terkait, meliputi :
1.2.1 TIK.AD02.015.01 Menyusun pesan iklan secara verbal
1.2.2 TIK.AD02.016.01 Mempresentasikan ide kreatif
1.2.3 TIK.AD02.017.01 Merencanakan eksekusi iklan
2. Kondisi penilaian
2.1 Kondisi penilaian merupakan aspek dalam penilaian yang sangat berpengaruh atas tercapainya kompetensi ini terkait dengan membuat desain iklan
2.2 Penilaian dapat dilakukan dengan cara : demonstrasi/praktek, dan/atau simulasi di workshop dan atau di tempat kerja.
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
Pengetahuan yang dibutuhkan untuk mendukung unit kompetensi ini, adalah sebagai berikut:
3.1 Dasar-dasar desain grafis
3.2 Operasi aplikasi desain
3.3 Strategi dan perencanaan iklan
3.4 Eksekusi pesan iklan
4. Keterampilan yang dibutuhkan:
Keterampilan yang dibutuhkan untuk mendukung unit kompetensi ini adalah sebagai berikut:
4.1 Menemukan referensi
4.2 Menguasai aplikasi desain grafis
4.3 Memvisualisasikan ide kreatif
5. Aspek kritis :
Aspek kritis yang perlu diperhatikan dalam kompetensi ini, adalah :
5.1 Kepekaan terhadap desain
5.2 Kepekaan pada trend
5.3 Keakuratan menerjemahkan ide ke dalam visual
KOMPETENSI KUNCI
NO | KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI | TINGKAT |
1. | Mengumpulkan, menganalisis, dan mengorganisasikan informasi | 3 |
2. | Mengomunikasikan informasi dan ide-ide | 3 |
3. | Merencanakan dan mengorganisasikan kegiatan | 1 |
4. | Bekerjasama dengan orang lain dan kelompok | 3 |
5. | Menggunakan gagasan secara matematis dan teknis | 2 |
6. | Memecahkan masalah | 3 |
7. | Menggunakan teknologi | 3 |
Contoh 2 :
KODE UNIT : TIK.AD02.015.01
JUDUL UNIT : Menyusun Pesan Iklan Secara Verbal
DESKRIPSI UNIT : Unit ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam menyusun pesan iklan secara verbal.
ELEMEN KOMPETENSI | KRITERIA UNJUK KERJA |
1. Menyiapkan pesan | 1.1 Ide kreatif diidentifikasi |
1.2 Pesan dirumuskan |
1.3 Pesan ditentukan |
2. Implementasi pesan verbal | 2.1 Pesan secara verbal disusun |
2.2 Pesan verbal diolah (crafting) |
2.3 |
BATASAN VARIABEL :
1. Konteks Variabel
Unit ini berlaku dalam menyiapkan pesan dan implementasi pesan verbal yang digunakan untuk menyusun pesan iklan secara verbal pada bidang periklanan.
2. Perlengkapan untuk menyusun pesan iklan secara verbal mencakup tidak terbatas pada:
2.1 Ide kreatif
2.2 Aplikasi komputer
2.3 Internet
2.4 Komputer
3. Tugas pekerjaan untuk membuat desain iklan meliputi :
3.1 Menyiapkan pesan
3.2 Implementasi pesan verbal
4. Peraturan-peraturan untuk menyusun pesan iklan secara verbal meliputi :
4.1 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen
4.2 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers
4.3 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran
4.4 Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2003 tentang Pengamanan Rokok bagi Kesehatan.
4.5 Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor Kep.368/MEN.KES/SK/IV/1994 tentang Pedoman Periklanan Obat Bebas, Obat Tradisional, alat Kesehatan, Kosmetika, perbekalan Kesehatan Rumah Tangga, Makanan-Minuman.
4.6 Peraturan BPPOM Nomor...... Tahun 2008 tentang Pedoman Periklanan Pangan
4.7 Etika Pariwara Indonesia Tahun 2005 (revisi ketiga)
PANDUAN PENILAIAN :
1. Penjelasan prosedur penilaian
Alat, bahan dan tempat penilaian serta unit kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya yang diperlukan sebelum menguasai unit kompetensi ini dengan unit-unit kompetensi yang terkait :
1.1 Unit kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya, meliputi :
1.1.1 TIK.AD02.001.01 Memilih elemen komunikasi pemasaran
1.2 Unit kompetensi yang terkait, meliputi :
1.2.1 TIK.AD02.016.01 Mempresentasikan ide kreatif
1.2.2 TIK.AD02.017.01 Merencanakan eksekusi iklan
2. Kondisi penilaian
2.1 Kondisi penilaian merupakan aspek dalam penilaian yang sangat berpengaruh atas tercapainya kompetensi ini terkait dengan menyusun pesan iklan secara verbal.
2.2 Penilaian dapat dilakukan dengan cara : lisan, tertulis, demonstrasi/praktek, dan/atau simulasi di workshop dan atau di tempat kerja.
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
Pengetahuan yang dibutuhkan untuk mendukung unit kompetensi ini, adalah sebagai berikut:
3.1 Dasar-dasar periklanan
3.2 Penulisan naskah kreatif
3.3 Operasi aplikasi komputer
3.4 Strategi dan perencanaan iklan
3.5 Eksekusi pesan iklan
4. Keterampilan yang dibutuhkan:
Keterampilan yang dibutuhkan untuk mendukung unit kompetensi ini adalah sebagai berikut:
4.1 Menemukan kata/kalimat yang efektif dan menarik
4.2 Menerjemahkan ide menjadi kata/kalimat
5. Aspek kritis :
Aspek kritis yang perlu diperhatikan dalam kompetensi ini, adalah :
5.1 Ketepatan menerjemahkan ide ke dalam pesan verbal
5.2 Kepekaan pada trend bahasa
KOMPETENSI KUNCI
NO | KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI | TINGKAT |
1. | Mengumpulkan, menganalisis, dan mengorganisasikan informasi | 3 |
2. | Mengomunikasikan informasi dan ide-ide | 3 |
3. | Merencanakan dan mengorganisasikan kegiatan | 1 |
4. | Bekerjasama dengan orang lain dan kelompok | 3 |
5. | Menggunakan gagasan secara matematis dan teknis | 1 |
6. | Memecahkan masalah | 3 |
7. | Menggunakan teknologi | 2 |
Contoh 3 :
KODE UNIT : TIK.AD02.017.01
JUDUL UNIT : Merencanakan Eksekusi Iklan
DESKRIPSI UNIT : Unit ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam merencanakan eksekusi iklan.
ELEMEN KOMPETENSI | KRITERIA UNJUK KERJA |
1. Menyiapkan referensi | 1.1 Referensi dikumpulkan |
1.2 Referensi yang sesuai dipilih |
1.3 |
2. Mengevaluasi vendor
| 2.1 Data vendor dikumpulkan |
2.2 Vendor diseleksi |
2.3 Vendor diarahkan 2.4 Vendor terpilih dipresentasikan |
BATASAN VARIABEL :
1. Konteks Variabel
Unit ini berlaku dalam menyiapkan referensi dan evaluasi vendor yang digunakan untuk merencanakan eksekusi iklan pada bidang periklanan.
2. Perlengkapan untuk merencanakan eksekusi iklan mencakup tidak terbatas pada:
2.1 Ide kreatif
2.2 Pengetahuan trend
2.3 Referensi
2.4 Internet
2.5 Komputer
3. Tugas pekerjaan untuk merencanakan eksekusi iklan meliputi :
3.1 Menyiapkan referensi
3.2 Mengevaluasi vendor
4. Peraturan-peraturan untuk merencanakan eksekusi iklan meliputi :
4.1 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen
4.2 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers
4.3 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran
4.4 Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2003 tentang Pengamanan Rokok bagi Kesehatan.
4.5 Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor Kep.368/MEN.KES/SK/IV/1994 tentang Pedoman Periklanan Obat Bebas, Obat Tradisional, alat Kesehatan, Kosmetika, perbekalan Kesehatan Rumah Tangga, Makanan-Minuman.
4.6 Peraturan BPPOM Nomor...... Tahun 2008 tentang Pedoman Periklanan Pangan
4.7 Etika Pariwara Indonesia Tahun 2005 (revisi ketiga)
PANDUAN PENILAIAN :
1. Penjelasan prosedur penilaian
Alat, bahan dan tempat penilaian serta unit kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya yang diperlukan sebelum menguasai unit kompetensi ini dengan unit-unit kompetensi yang terkait :
1.1 Unit kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya, meliputi :
1.1.1 TIK.AD02.014.01 Memilih elemen komunikasi pemasaran
1.2 Unit kompetensi yang terkait, meliputi :
1.2.1 TIK.AD02.013.01 membuat desain iklan
1.2.2 TIK.AD02.015.01 Menyusun pesan iklan secara verbal
1.2.3 TIK.AD02.016.01 Mempresentasikan ide kreatif
1.2.4 TIK.AD02.017.01 Merencanakan eksekusi iklan
2. Kondisi penilaian
2.1 Kondisi penilaian merupakan aspek dalam penilaian yang sangat berpengaruh atas tercapainya kompetensi ini terkait dengan merencanakan eksekusi iklan.
2.2 Penilaian dapat dilakukan dengan cara : tertulis, demonstrasi/praktek, dan/atau simulasi di workshop dan atau di tempat kerja.
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
Pengetahuan yang dibutuhkan untuk mendukung unit kompetensi ini, adalah sebagai berikut:
3.1 Strategi dan perencanaan iklan
3.2 Eksekusi pesan iklan
4. Keterampilan yang dibutuhkan:
Keterampilan yang dibutuhkan untuk mendukung unit kompetensi ini adalah sebagai berikut:
4.1 Menemukan referensi yang tepat
4.2 Mengarahkan vendor dalam menerjemahkan ide kreatif
4.3 Mendelegasikan dengan jelas kepada vendor
5. Aspek kritis :
Aspek kritis yang perlu diperhatikan dalam kompetensi ini, adalah :
5.1 Keakuratan referensi
5.2 Kecermatan memilih vendor
5.3 Ketepatan mengarahkan vendor
KOMPETENSI KUNCI
NO | KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI | TINGKAT |
1. | Mengumpulkan, menganalisis, dan mengorganisasikan informasi | 3 |
2. | Mengomunikasikan informasi dan ide-ide | 3 |
3. | Merencanakan dan mengorganisasikan kegiatan | 3 |
4. | Bekerjasama dengan orang lain dan kelompok | 3 |
5. | Menggunakan gagasan secara matematis dan teknis | 2 |
6. | Memecahkan masalah | 1 |
7. | Menggunakan teknologi | 1 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar