Minggu, 20 Maret 2011

Pemanfaatan Layanan Portal Yahoo.com Untuk Meningkatkan Akses Informasi Dan Komunikasi

A.   Pendahuluan

Peran teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat dan telah mengalami revolusi dalam berbagai bidang, khususnya dalam dunia digital yang telah memicu berbagai perubahan, baik di bidang ilmu pengetahuan maupun di sektor-sektor kehidupan manusia. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) serta potensi pemanfaatannya secara luas, membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan dan pemberdayagunaan informasi dalam volume besar secara cepat dan akurat. Akses informasi bagi masyarakat sangat penting untuk meningkatkan nilai tambah bagi kegiatan ekonomi dan kehidupan sosial.

Keunggulan ICT yang merupakan konvergensi antara telekomunikasi, media dan informatika (Telematika) dapat meningkatkan kualitas komunikasi dan informasi dalam penyediaan informasi yang mudah dan cepat bagi masyarakat secara merata. Dengan adanya beberapa fasilitas layanan gratis dari Yahoo.com, dengan melakukan analisis dan inventarisasi karateristik layanan yang diberikan Yahoo.com kepada masyarakat dunia, khususnya masyarakat Indonesia yang dapat memberikan sumbangan meningkatkan literasi masyarakat di bidang ICT serta perkembangan ekonomi terhadap Negara.

Untuk memperoleh data dan informasi tentang layanan portal Yahoo.com harus mulai dengan mengerti kebijakan dan ketentuan layanan portal Yahoo.com yang diberikan kepada masyarakat internasional yang menggunakan fasilitas yang diberikan oleh Yahoo.com. Hal ini perlu diketahui untuk menganalisa manfaat penggunaan fasilitas layanan gratis portal Yahoo.com bagi masyarakat dalam kegiatan seperti perniagaaan, investasi, industri dan e- business, atau bisnis via internet. 

Yahoo! adalah sebuah brand internet yang mendunia. Bahkan telah merambah media komunikasi dan komersial. Setiap hari ada sekitar 232 juta pengguna Yahoo! dari seluruh dunia, mulai sebagai mesin pencari, portal, e-mail gratis yahoo mail, bisnis online, sampai pembuatan dan penyewaan tempat situs. Dalam mode pencarian, Yahoo melengkapinya dengan sejumlah layanan seperti Yahoo! Image, Yahoo! Video, Yahoo! Local, Yahoo! News, and Yahoo! Shopping Search.

Yahoo.com awalnya bernama “Jerry and David’s Guide to the World Wide Web” dan pada April 1994 diganti menjadi : “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” atau disingkat Yahoo. Yahoo adalah site pertama yang berusaha mengatalogkan web, menawarkan daftar direktori dari setiap site penting, kemudian terlahir kembali sebagai web portal yang menggabungkan direktori dengan pencarian, berita, IM, e-mail dan jasa-jasa lainnya. Walaupun sekarang adalah masa kejayaan Google, tetapi masa-masa bersejarah dimana Yahoo berkuasa tidak akan pernah hilang dari sejarah.

Sampai saat ini, Yahoo menyediakan hampir semua layanan internet populer yang digunakan oleh para pengguna internet mutakhir. Dalam portalnya sendiri, selain menampilkan berita-berita regional dan dunia terkini, Yahoo juga menyediakan layanan Yahoo Finance, Maps, Yellow Pages, dsb, serta memberi kemudahan bagi para pengguna dengan menampilkan sejumlah akses cepat ke beragam layanan lain seperti: Yahoo! Mail, Yahoo Weather, Yahoo! Groups dan Yahoo! Messenger.

Dibidang komunikasi Yahoo! Mail sampai saat ini masih merupakan layanan email terbesar di dunia di mana jumlah penggunanya diperkirakan setengah dari total jumlah pengguna email. Sedangkan Yahoo! Messenger masih mendominasi jumlah pengguna dalam hal layanan instant messenger. Yahoo juga menawarkan beberapa layanan jaringan sosial seperti: My Web, Yahoo! Personals, Yahoo! 360°, dan Flickr.

Untuk memperkaya isi kontennya Yahoo bekerjasama dengan ratusan penyedia konten lainnya menyajikan beragam info yang mencakup: Yahoo! Sports, Yahoo! Finance, Yahoo! Music, Yahoo Movies, Yahoo News, dan Yahoo! Games. Pengguna Yahoo juga diberikan kemudahan untuk mengumpulkan fitur-fitur Yahoo favorit pilihannya ke dalam satu halaman sendiri yang diberi nama My Yahoo.

Sedangkan produk Yahoo! Mobile mencakup sejumlah layanan seperti: on-the-go messaging, instant messaging, moblogging, alerts, ringtones, mobile games, photos, dan bahkan Yahoo! messenger for SMS (Di Indonesia layanan ini hanya bisa untuk pemakai kartu Halo, SIMpati, Mentari dan Pro XL).

Dalam meningkatkan kemudahan penggunanya, Yahoo memperkenalkan sistem pencariannya sendiri yang disebut oneSearch, yang utamanya diperuntukkan bagi telepon seluler. Yahoo mengklaim hasil pencariannya berbeda dengan hasil pencarian mesin-mesin pencari lain, di mana dalam hasilnya juga ditampilkan tajuk berita, gambar, daftar perusahaan, nama kota beserta kode pos, prakiraan cuaca, dan tautan ke situs lain.

Dalam bidang informasi Yahoo juga mempunyai layanan Commerce/Perdagangan, termasuk dalam layanan ini adalah: Yahoo! Shopping, Yahoo Autos, Yahoo Real Estate dan Yahoo Travel yang memudahkan pengguna mendapatkan informasi dan membuat transaksi atau pembelian secara online.

Untuk mendukung UKM Yahoo mempunyai layanan Small Business/Usaha Kecil, dimana para pelaku usaha bisa menggunakan layanan-layanan seperti: Yahoo Domains, Yahoo Web Hosting, Yahoo Merchant Solutions, Yahoo Business Email, dan Yahoo Store untuk mengembangkan usaha mereka. Selain itu ada juga layanan Hot Jobs yang memfasilitasi perusahaan dalam mencari tenaga kerja.

Bagi pengguna dan pengunjung Yahoo yang ingin memasarkan produknya dapat menggunakan layanan Advertising/Periklanan dari Yahoo. Untuk para pengiklan tersedia layanan Yahoo! Search Marketing yang di dalamnya ada program-program seperti Sponsored Search, Local Advertising, dan Product/Travel/Directory Submit. Di layanan ini, para pengiklan ditawarkan memasang iklan produknya untuk disebarluaskan melalui jaringan Yahoo.  Pada 5 Februari 2007, Yahoo juga telah merilis sistem periklanan internet terbaru dengan nama Panama.

  1. Perkembangan Yahoo.com
Pendiri Yahoo.com  Jerry Yang dilahirkan dengan nama Yang Chih Yuan di Taipei, 42 tahun silam. Pada saat berumur 2 tahun, ayahnya meninggal dunia. Yang kecil lalu hijrah ke San Jose, California, AS bersama ibu dan adiknya ketika berumur 10 tahun.

Meskipun ibunya adalah seorang guru bahasa Inggris, kosakata Yang kecil ketika pertama kali bersekolah di Amerika hanyalah kata ‘Shoe’ (sepatu). Namun hanya dalam waktu 3 tahun, Yang dapat menguasai bahasa inggris dengan baik. Bahkan masuk ke dalam ‘Advance Placement (semacam kelas percepatan). Yang berkuliah di Stanford University pada tahun 1990, dan memperoleh gelar sarjana muda dan master sekaligus dalam kurun waktu 4 tahun saja.

Pada akhir medio 1993, Pendiri Yahoo Jerry Yang melanjutkan pendidikannya di Electrical Engineering Stanford University mengambil program Ph.D. Disana ia berkenalan dan dekat dengan seorang bernama David Filo. Bersama Filo, Yang menjadi seorang pecandu internet. Berjam-jam waktu dihabiskannya setiap hari hanya untuk berselancar di dunia maya, hingga kuliah mereka mandek dan tak terurus.

Sebenarnya, apakah arti kata Yahoo? Kata ini agak aneh bagi kalangan yang tidak tersentuh jaringan ICT. Tetapi tidak terlalu asing bagi mereka yang sudah terbiasa dengan kecanggihan teknologi, terutama ICT. Namun, bukan jaminan bagi mereka yang terbiasa memakai fasilitas internet memahami arti kata Yahoo. Walaupun sudah menjadi nama yang cukup terkenal dalam jaringan dunia cyber, tetapi banyak yang tidak memahami asal-usul kata Yahoo. Yahoo adalah program dalam jaringan internet yang banyak dipakai oleh manusia di muka bumi ini. Jumlah pemakainya mungkin puluhan juta, atau bahkan ratusan juta orang.

Yahoo adalah kepanjangan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” yang memiliki arti sebagai “Sebuah tempat bertanya yang paling tahu segalanya yang disusun secara bertingkat dan sistematis.” Menurut banyak pemerhati simbol dan pakar sejarah peradaban kuno dianggap berasal dari akar tradisi bangsa Yahudi. YAHOO! Sesungguhnya berasal dari istilah ‘YHMH’ (Yahweh) dalam bahasa Ibrani yang berarti Tuhan.

Kata Yahoo terkait dengan sejarah bangsa Kanaan. Sebuah bangsa yang mendiami kawasan Palestina Selatan sebelum kedatangan umat Islam. Kata Yahoo berasal atau sama dengan kata Yah. Kedua kata ini sama maknanya, yaitu sebuah nama untuk menunjuk nama dewa (tuhan) bagi bangsa Kanaan. Yah berbentuk patung yang menjadi sesembahan bangsa Kanaan. Yah sejajar dengan dewa Ba’al. Oleh Bani Israel (Yahudi), kata Yah atau Yahoo kemudian diadopsi sebagai nama bagi tuhan mereka.

Secara kebahasaan, kata Yah atau Yahoo memang sulit dimengerti. Dari mana asal kata Yah, banyak orang yang tidak tahu. Dari kata Yah kemudian lebih masyhur menjadi kata Yahoo. Menurut Abbas Mahmud Al-Aqqad, kata tersebut dimungkinkan merupakan nama suatu benda di alam ini. Atau, bisa jadi, menurut Al-Aqqad, kata Yah berasal dari kata Yahu. Istilah Yahu merupakan sebutan untuk memanggil seseorang yang jauh tak terlihat. Jika dikaitkan dengan ajaran Judaisme, hal ini sesuai dengan ajaran Nabi Musa. Kepada Bani Israel, Nabi Musa selalu mengingatkan agar mengingat Tuhan sebagai tanda bakti kepada-Nya. Caranya cukup hanya dengan isyarat saja. Yaitu isyarat menyebut seseorang yang berada di kejauhan yang tidak terlihat. Kata Yahu adalah isyaratnya. Dahulu, bahasa Ibrani belum mengenal huruf vokal (”e”) hingga tahun 500 M. Setelah mengenal huruf vokal tersebut, kata Yahu berubah menjadi Jehovah. Secara harfiah, kata Yahoo atau Jehovah berarti “Raja” atau “Tuhan” (Ahmad Syalabi, 2006).

Sejarah perkembangan portal Yahoo.com dirintis oleh Jerry Yang dan David Filo, saat itu mereka adalah calon kandidat penerima gelar Doktor (Ph.D), keduanya sedang menulis disertasi untuk menyelesaikan program doktor mereka. Selama surfing di internet, Yang dan Filo seringkali mengalami kesulitan menemukan apa yang mereka cari. Akhirnya pada medio Februari 1994, kedua sahabat ini mulai mengumpulkan indeks-indeks dan link-link situs website kesukaan mereka. Hal ini segera menjadi hobi yang tak bisa dihentikan. Mereka membuat daftar nama dan alamat situs yang mereka temukan di dunia maya (Bookmark).

Karena semakin banyak daftar nama situs yang mereka kumpulkan akhirnya mereka membagi dalam kategori dan sub kategori. Lalu munculah sebuah gagasan dasar dan cikal bakal Yahoo, yaitu: Web site dimulai sebagai “Jerry’s Guide to the World Wide Web”. Pada awal mulanya, tujuan Yahoo hanyalah sebagai situs search engine untuk memudahkan mereka menemukan tautan situs yang dikehendakinya.

Pada awalnya situs tersebut hanya ditujukan untuk penggunaan pribadi, namun pada akhirnya Jerry menyadari jika situs search engine ini dapat mempermudah para surfer internet yang pada waktu itu sedang bertambah jumlahnya. Hal ini disadarinya setelah melihat banyaknya orang mengakses situs Yahoo tersebut. Mencium peluang bisnis, Jerry dan Dave pun segera membuat sebuah database link yang rapi dan up-to-date serta mengembangkan software search engine untuk menyokong situs mereka.

Pada awalnya, karena keterbatasan modal, Jerry dan Dave memanfaatkan komputer kampus untuk mengembangkan situsnya. Database disimpan di sebuah komputer Jerry yang memiliki nickname ‘Akebono’ dan software mesin pencari dikembangkan di komputer milik Dave yang ber nickname ‘Konishiki’. Keduanya merupakan nama pegulat asal Hawaii yang mereka gemari.

Akhirnya tindakan tersebut diketahui oleh pihak universitas pada musim gugur 1994, situs tersebut mencetak hit pengunjung sebanyak 1 juta lebih dan membebani traffic atau jaringan komputer universitas sehingga Jerry dan Dave diperintahkan untuk membuat server (hosting) di luar kampus. Hal ini menyebabkan mereka lebih leluasa mengembangkan bisnisnya.

Nama  web site mereka semula “Jerry’s Guide to the World Wide Web” kemudian diganti menjadi Yahoo. Yahoo merupakan sebuah singkatan “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Namun sebenarnya nama Yahoo memiliki arti lain, yaitu kuno atau primitive. Pengambilan nama ini terinspirasi oleh novel Gulliver’s Travel karya Jonathan Swift. Sedangkan untuk URL-nya sendiri diberi nama akebono.stanford.edu/yahoo (Jerry Yang) dan konishiki.stanford.edu/yahoo (David Filo). Nah, untuk nama jepang tersebut, mereka adalah nama pesumo legendaries Jepang. Setelah mendapat suntikan dana $ 2 juta dari berbagai kapitalis Amerika seperti Silicon Valey pada Maret 1995 Yahoo sudah siap memasuki era komersilnya.

Pada tahun 1997 portal ini berlomba-lomba dengan portal dan direktori situs lainnya seperti Lycos, MSN, Excite dan lain-lain untuk menarik mangsa pasarnya supaya betah berjam-jam nongkrong di portal masing-masing. Karena tak mau kalah, Yahoo memberikan bebagai layanan tambahan berupa games dan mail. Dan satu produk andalan Yahoo yang paling diminati hingga saat ini adalah Yahoo Messenger di tahun 1999. Selain itu Yahoo juga Go Internasional dengan menyediakan 42 bahasa termasuk bahasa Indonesia. 

Masa keemasan Yahoo terjadi pada tahun 2000. Masa ini disebut sebagai peristiwa Dot-com Bubble. Pada waktu harga saham Yahoo mencapai USD118,75 per lembar saham (tertinggi selama Yahoo berdiri). Ada peristiwa menarik pada masa itu, tercatat pada tanggal 7 Februari 2000, Yahoo mengalami Hang selama beberapa jam karena ulah para Hacker. But, saham Yahoo malah naik 4,5 % persen. Lalu pada tahun ini pula, Yahoo memulai kerja sama dengan Google. Sebelum akhirnya menjadi saingan seperi sekarang. Kontrak kerja sama tersebut mengenai pemasangan mesin pencari Google di Yahoo.

Paska terjadinya Dot Com Bubble, lebih tepatnya pada tahun 2001 Yahoo pernah mempunyai harga saham hanya $ 4,06 per lembar (terendah dalam sejaah Yahoo). Dengan berbagai usaha, pada tahun 2002 Yahoo mulai mengembangkan berbagai layanan tambahan. Bermodalkan kerja sama dengan Inktomi Yahoo mengembangkan teknologi mesin pencarinya. Tahun berikutnya si raksasa ini belum pusa, ia membeli Konfabulator lalu mengganti namanya menjadi Yahoo Widget. Setelah merasa kuat, maka Yahoo memutus hubungan dengan Google, inilah cikal bakal persaingan di antara dua perusahan ini. Hal ini terjadi pada 18 Februari 2004. Setelah peristiwa ini berbagai fitur dari kedua belah pihak saling bermunculan, mulai dari email gratisan yang diluncurkan Google dengan kapasitas besar. Hal ini langsung dibalas dengan Yahoo dengan menambah kuota email sampai tak terbatas. Lalu berbagai macam fitur dan aplikasi lain yang mereka luncurkan.

Yahoo bekerjasama dengan Microsoft mengumumkan bahwa Yahoo! Mesengger bisa dipakai multi fungsi bersama MSN Mesengger (produk serupa dari Microsoft). Yahoo melakukan ekspansi dengan mengakuisisi sejumlah layanan lain dan menggabungkan layanan tersebut bersama layanan versinya sendiri. Beberapa layanan yang dimaksud adalah: Flickr, blo.gs, Upcoming.org, del.icio.us, webjay, dll.


  1. Kritikan terhadap layanan dan produk Yahoo.com.

Bulan Maret 2004, Yahoo merilis sebuah program berbayar bagi sejumlah situs komersil. Yahoo menjamin akan mengutamakan posisi situs yang membayar pada index mesin pencari mereka. Program ini memang sangat menarik bagi situs-situs yang masih baru dan belum terkenal, namun tak lama kemudian menjadi tidak populer di mata para pengembang situs (yang enggan membayar) dan pihak pengguna (yang tidak puas karena hasil pencarian menjadi tidak obyektif lagi). Akibatnya, sejak bulan Oktober 2006, Yahoo tidak lagi menerapkan program ini secara penuh. Selain itu, Yahoo juga banyak mendapat kritikan karena mendanai sejumlah spyware dan adware yang diselipkan dalam program atau layanan gratisan.

Beberapa tahun lalu, Yahoo bersama-sama dengan Google China, Microsoft, Cisco, AOL, Skype, Nortel dan sejumlah perusahaan lain menjalin kerjasama dengan pemerintah RRC dalam penerapan sistem sensor internet di Cina daratan. Namun tak seperti Google dan Microsoft yang merahasiakan catatan para penggunanya, Yahoo! malah terang-terangan menyatakan bahwa mereka tidak akan melindungi kerahasiaan catatan para penggunanya dari pemeriksaan pihak yang berwenang di China.

Atas tindakannya ini, sejumlah organisasi Hak Asasi Manusia dan media massa mengecam keras pihak Yahoo! dengan suatu pernyataan pedas yang berbunyi “sungguh ironis, sebuah perusahaan yang selama ini hidup-matinya tergantung pada kemerdekaan/kebebasan informasi dan ekspresi kini malah menjadi sebuah alat sensor.”

Bulan April 2005, seorang jurnalis China yang bernama Shi Tao dihukum penjara 10 tahun karena terbukti “menjual rahasia negara kepada pihak luar”. “Rahasia negara” itu menurut sanak keluarga Shi Tao ternyata hanyalah sebuah daftar ringkas yang berisi mengenai aturan sensor di negeri China yang dikirimkan oleh Shi Tao melalui Yahoo Mail ditujukan pada organisasi Forum Demokrasi Asia sesaat sebelum peringatan Insiden Berdarah Tiananmen. Kritikan pada Yahoo bertambah gencar ketika diketahui bahwa sebelumnya seorang warga China bernama Li Zhi yang menggunakan sarana Yahoo Mail juga telah divonis penjara 8 tahun dengan tuduhan subversif.

Pada 2 Juni 2006, sebuah wadah persatuan jurnalis se-Inggris Raya dan Irlandia memobilisasi 40.000 anggotanya untuk memboikot semua produk Yahoo Inc sebagai aksi protes atas tindakan Yahoo yang dituduh memata-matai isi mailbox penggunanya di China. Bulan April 2007, Yahoo dimeja-hijaukan ke pengadilan federal AS oleh seorang aktivis asal China atas tuduhan melaporkan isi diskusi yahoo group-nya ke pemerintah China.

Organisasi Hak Asasi Manusia Sedunia juga pernah menuntut Yahoo pada 28 Agustus 2007 atas tuduhan menyingkap informasi pribadi (email dan ip address) warga negara China ke pemerintah setempat sehingga tejadi penahanan atas sejumlah penulis kritis dan oposan. Pihak Yahoo berdalih bahwa tindakan mereka yang cenderung membantu pemerintah RRC merupakan bagian dari kebijakan rekonsiliasinya dengan pemerintah setempat. Hal ini dilakukan setelah pemerintah RRC menyegel semua layanan dan produk Yahoo untuk sekian lama. Di kampung halamannya AS, layanan Yahoo Image Search mendapat kritikan tajam dari para orang tua karena masih tetap menampilkan gambar-gambar pornografi walaupun mode pencarian aman “SafeSearch” telah diaktifkan.

Menghadapi berbagai kontroversi dan kritikan ini, Yahoo! Inc., terus berusaha memperbaiki semua produk dan layanannya. Tahun 2008 lalu Yahoo sempat mengalami kesulitan keuangan dan dikabarkan akan bermerger dengan Microsoft. Di awal tahun itu, perusahaan raksasa milik Bill Gates ini menawar Yahoo senilai USD 45 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Akan tetapi beberapa bulan kemudian, Yahoo menolak tawaran tersebut karena menganggap tawaran itu terlalu rendah untuk perusahaan kaliber sekelas Yahoo.

Bagaimanapun, sampai kini para pengguna layanan dan produk Yahoo masih tetap ada dalam jumlah yang banyak. Walaupun sekarang telah muncul banyak pesaing yang menawarkan produk dan layanan serupa, pihak Yahoo masih yakin para pengguna fanatiknya tidak akan meninggalkan mereka.

  1. Pruduk dan layanan situs-situs jaringan Yahoo.com.

Saat ini Yahoo bukanlah yang wahid. Bukan nomor satu secara urutan rangking alexa. Tapi berbagai layanan yang diberikan Yahoo sangat beragam. Portal ini adalah brand dalam dunia maya pertama yang dapat menjangkau audiens paling besar, walaupun akhirnya harus tergeser dengan google bahkan Facebook. Berbagai jasa mulai dari toko hosting, manajemen, audio dan video streaming, berita dan termasuk 25 properti yang mendunia ditawarkan Yahoo. Perusahaan ini berkantor pusat di Sunnyvale, California, USA. Yahoo sudah memiliki 25 kantor cabang yang tersebar di Eropa, Asia, Australia, Kanada, dan Amerika selatan (Latin).

Fitur-fitur yang diberikan oleh Yahoo! cukup banyak. Namun yang paling diminati adalah Yahoo! E-mail, Yahoo! Messenger, Yahoo! Answer, dan Yahoo! Pulse atau Yahoo! 360°. Situs Yahoo! yang paling banyak digunakan adalah Yahoo! E-mail dan Yahoo! Messenger. Hampir seluruh netter yang ada di dunia ini menggunakannya. Kenapa? Karena Fitur yang disebutkan tadi mudah dipelajari dan dipergunakan, fitur-fitur Yahoo! yang lain tidak begitu menggoda para peminat. Yahoo! juga mempunyai mesin pencari yaitu Yahoo! Research. Sayang, tidak begitu banyak peminat menggunakannya, orang lebih banyak menggunakan mesin pencari google.  

Jaringan situs- situs layanan dalam portal Yahoo.com atau yahoo.com group meliputi antara lain :
1.            Yahoo! Mail
2.            Yahoo! Answers
3.            Yahoo! Finance
4.            Yahoo! Flickr
5.            Yahoo! Games
6.            Yahoo! Groups
7.            Yahoo! Koprol
8.            Yahoo! Messenger
9.            Yahoo! Mim
10.         Yahoo! Mobile
11.         Yahoo! Movies
12.         Yahoo! Music
13.         Yahoo! News
14.         Yahoo! OMG!
15.         Yahoo! Pulse
16.         Yahoo! Sports
17.         Yahoo! Travel
18.         Yahoo! Weather
19.         Yahoo! Everything
20.         Yahoo! International
21.         Yahoo! Firefox
22.         Yahoo! IE8
23.         Yahoo! Toolbar
24.         Yahoo! Addressbook
25.         Yahoo! Bantuan atau Yahoo! Search dll

Sebagai sebuah portal besar, selain bahasa Inggris, Yahoo! juga mengelola layanan situs multi bahasa. Terdapat 42 layanan bahasa dalam portal Yahoo saat ini, yang di antaranya adalah Argentina, Brazil, Jerman, Perancis, Jepang, Thailand, India, Indonesia, dll.

Fasilitas layanan Yahoo! Indonesia juga ada,  pengunjng dapat menemukan link-nya di sebelah kanan bawah, di bagian Yahoo! International. Sebenarnya halaman ini lebih pantas disebut Yahoo! Asia edisi Indonesia, karena tak begitu banyak bagian halaman untuk Indonesia.

Yang pertama ada pada pilihan search engine, apakah ingin memakai mesin pencari yang All the Web atau Indonesia. Kedua, pada kolom In The News, yang menampilkan berita-berita dan ramalan cuaca Indonesia. Dan terakhir pada Yahoo! Message Board, yang memuat forum untuk pengguna Indonesia namun merupakan bagian Yahoo! Asia bersama forum untuk Malaysia, Philipine, dan Thailand. Ada juga Yahoo! Asia Groups, milis khusus untuk group kawasan Asia, termasuk kategori Indonesia tentunya.

Di halaman edisi Indonesia yang logonya menggunakan wayang ini Anda pun dapat memperoleh info penggunaan Yahoo! Mobile. Anda dapat mengetahui cara mengirimkan SMS dari YM ke handphone dan sebaliknya.


            Sumber :

  1.      http://maradagv.multiply.com/journal/item/41
  2.      http://www.forumbebas.com/thread-38452.html
  3.      http://aminamsyah.wordpress.com/2010/01/17/sejarah-perkembangan-yahoo/
  4.      http://www.nursohib.web.id/biografi-jerry-yang-pendiri-situs-yahoo-co.php
  5.      http://blog.cicurug.com/teknologi/16-peristiwa-sejarah-website/
  6.      http://awalmula.com/awal-mula-sejarah-yahoo-ym.html
  7.      http://caniball.wordpress.com/2008/03/10/tentang-yahoo/


Bersambung.......

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

VIDEO: Brutal, Puluhan Sepeda Diterjang Mobil

VIVAnews - Acara sepeda santai yang digelar 'Critical Mass' di Porto Alegre, Brasil, pada penghujung Februari 2011 kemarin, berubah jadi tragedi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Saat itu sekitar 130 pesepeda tengah melintas di jalan raya. Mereka baru saja memulai aktivitas ramah lingkungan sesuai misi Critical Mass.

Saat tengah asyik bersepeda, tiba-tiba saja Neis yang mengendarai mobil VW-nya menerjang mereka dari belakang dengan kecepatan tinggi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Sekitar 20 pesepeda jadi korban. Mereka terpental, bergelimpangan di jalan. Bahkan tidak sedikit di antara mereka tersangkut di kap mobil Neis berikut sepedanya. Para korban mengalami luka ringan maupun berat. Jerit tangis dan teriakan langsung membahana di jalan. Neis pun diamankan polisi.

Sekadar diketahui Critical Mass adalah sebuah acara bersepeda yang biasanya digelar pada hari Jumat terakhir setiap bulan, di lebih dari 300 kota di seluruh dunia.

Saksikan video brutal Neis di sini.

sumber : • VIVAnews http://dunia.vivanews.com/news/read/207196-video--brutal--puluhan-sepeda-diterjang-mobil


Video Tragedi Sepeda di Brazil