Minggu, 20 Maret 2011

A. Layanan Portal Yahoo.com


Layanan fasilitas on-line yang disediakan secara gratis oleh portal Yahoo.com yang banyak diminati netter diantaranya :

  1. Yahoo! Mail

Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.

Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang ini e-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data).

Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara. Biaya pengiriman e-mail relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri. Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya. Yang kita perlukan hanya mendaftarkan keanggotaan atau keikutsertaan kepada salah satu penyedia layanan e-mail yang ada, seperti layanan e-mail pada Yahoo.com.

Untuk dapat menggunakan fasilitas layanan Yahoo! Mail, anggota harus memiliki ID yahoo, terlebih dahulu, dengan mendaftarkan keanggotaannya melalui faslitas Yahoo! Mail, untuk menjaga keamanan sekaligus memiliki sandi atau password dari alamat e-mail Yahoo.com  tersebut.  Yahoo! Mail adalah email gratis berkapasitas tak terbatas dari Yahoo! Mail. Proteksi dari virus dan spam dengan kapasitas besar untuk foto, lampiran dan lainnya. Yahoo! Mail diluncurkan tahun 1996.

Yahoo! Mail adalah sebuah penyedia surat elektronik (webmail) dari Yahoo!. Ia merupakan penyedia surat elektronik terbesar di Internet, dengan jutaan pengguna. Penyaing utama Yahoo! Mail ialah Windows Live Hotmail, Gmail dan AOL Mail. Pada 26 Agustus 2007, versi AJAX untuk Yahoo! Mail diperkirakan sudah lengkap dan mulai menggantikan Yahoo! Mail versi lama. Pengembangan antara muka baru ini bermula pada Juli 2004, walaupun adalah mungkin prototipe lain telah dimajukan sebelum itu. Pada masa ini ia serasi dengan Internet Explorer 7 dan Mozilla Firefox serta Camino (sebagai sebagian rancangan Yahoo! untuk menaiktaraf semua tampaknya supaya serasi dengan Firefox. Walaupun dapat digunakan melalui Opera dan Safari, terdapat sedikit masalah pada pengaturan letaknya.

Yahoo! kembali memperlihakan “taring” dan ekstensinya,  karena mereka baru saja memperkenalkan Yahoo! Mail Beta untuk mengarahkan dan mengelola inbox mereka secara lebih mudah, mencari foto dan video, mencari email dengan cara yang lebih efisien, dan mendapatkan keuntungan dari perlindungan terhadap spam yang telah ditingkatkan. Yahoo! Mail Beta dan Yahoo! Messenger 11 yang diperkenalkan di Jakarta Senin (8/11/2010).

Yahoo! Mail Beta telah terverifikasi secara independen sebagai penyedia layanan email nomor satu di dunia dalam melindungi penggunanya dari spam, Yahoo! Mail Beta menggunakan infrastruktur komputasi awan (cloud) global milik Yahoo! untuk meningkatkan upaya anti-spam Yahoo! dan menyediakan layanan surat yang lebih aman lagi.

Dari halaman utama Yahoo! Mail Beta sekarang kita dapat melakukan banyak hal, tidak hanya ber-e-mail ria. Itu pun tak hanya di komputer, tapi juga di perangkat mobile. Juga bisa chatting dengan sesama pengguna Yahoo Messenger dan Hotmail sambil ber-e-mail ria.  Satu lagi, bisa main FB (Facebook).

Jika e-mail yang pengguna terima mengandung lampiran berupa foto atau video, pengguna tidak perlu repot-repot membuka program tertentu lagi. Cukup klik saja dan foto bisa langsung dilihat sebagai slideshow. Untuk video, bisa langsung mainkan YouTube, pengguna boleh melampirkan berbagai file foto dalam dokumen kamu. Cuma ukuran totalnya tidak boleh lebih dari 25MB.

Pemutaran video itu tidak menuntut kehadiran koneksi Wi-Fi jika pengguna menggunakan perangkat mobile. Pakai koneksi 3G juga tak masalah, seperti pada perangkat iPad, yang terlihat lebih cepat dibandingkan di notebook yang mengandalkan koneksi Wi-Fi publik.

Ada beberapa hal lain yang digarisbawahi Country Manager Yahoo! Indonesia Pontus Sonnerstedt tentang Yahoo! Mail Beta yang terlihat lebih bersih dengan tema ungu itu. “(kinerja) Dua kali lebih cepat, proteksi spam yang lebih baik dan storage tanpa batas,” ucapnya.  “Memblokir rata-rata 1,6 juta spam per tahun,” tambah Michael Smith Jr. (Director of Global Tech Initiatives, Yahoo! SEA Pte. Ltd.)

Yahoo! Mail Beta bisa pengguna atau pengunjung Yahoo cobai dengan mengunjungi http:/features.mail.yahoo.com dan mengklik Try It Now.  Kalau tidak menyukainya, pengguna bisa balik ke versi Classic.  Selanjutnya agar Yahoo! Mail Beta berjalan lancar, sebaiknya pengguna memakai salah satu dari browser ini:  Internet Explorer 8, Firefox 3 atau versi lebih baru, Safari 4 atau versi lebih baru, atau Chrome 5.

Selama periode Beta, Yahoo! akan terus memperbarui dan menambah fitur-fitur baru ke dalam Yahoo! Mail Beta. Semua pengguna secara global dapat memilih antara menggunakan Yahoo! Mail Beta dan versi Yahoo! Mail yang ada saat ini. Yahoo! Mail Beta, antarmuka yang lebih rapi terlihat konsisten di desktop, telepon selular (ponsel), dan perangkat tablet, termasuk mengakses Yahoo! Mail dari komputer, iPhone, iPad, ponsel Android, dan lain sebagainya.

Yahoo! Mail Beta Tetap terhubung dengan jejaring social, Yahoo! Mail Beta juga memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan teman-teman yang ada di jejaring sosial lain seperti Twitter dan Facebook. Selain itu, dengan Yahoo! Mail Beta pengguna juga dapat berkomunikasi melalui instant messaging dan layanan pesan singkat (SMS) yang dapat diakses langsung dari inbox.

Keberadaan Yahoo! Mail Beta ini tentu akan pengalaman berkomunikasi yang lebih cepat, mudah, aman, dan gaul yang membantu 273 juta pengguna Yahoo! Mail di seluruh dunia untuk lebih terhubung, aktif, dan produktif, dari sebelumnya. Yahoo Mail Beta sudah tersedia di 25 negara seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Yahoo! Mail Beta melengkapi trio pengalaman penggunaan email yang mulus di antara komputer, Droid, iPhone, dan iPad. Bagi jutaan orang yang mengakses email melalui komputer dan ponsel atau tablet.

Yahoo! Mail Beta dirancang dari awal untuk menyediakan kinerja yang sangat cepat, versi baru ini setidaknya akan dua kali lebih cepat bagi kebanyakan orang di seluruh dunia. Yahoo! Mail Beta juga mempercepat perangkatnya yang memungkinkan orang untuk lebih produktif dengan waktu mereka, contohnya semakin mudah mencari pesan dari kontak atau menggunakan aplikasi dari pihak ketiga langsung dari inbox. Sebagai tujuan utama layanan sosial dari seluruh Web, Yahoo! Mail Beta memungkinkan pengguna untuk melihat dan berbagi update dari Twitter, Facebook, Yahoo!, dan sebagainya.

Fitur-fitur tambahan lainnya adalah IM yang lebih baik dan kemampuan mengirim SMS untuk chatting dan mengirim pesan dengan Yahoo! Mail Beta. Fitur tampilan foto-foto otomatis memungkinkan pengguna dapat dengan mudah melihat foto dan video dari situs-situs, seperti Flickr, Picasa, dan YouTube langsung dari inbox mereka.

Yahoo! Mail Betta memiliki layanan Fitur Share my info, yang merupakan tool untuk share (berbagi) info kontak yahoo anda ke teman sesama  akun yahoo. Fitur Import Contact Now dari Yahoo! Mail Betta merupakan tool untuk meimport (memasukan) kontak yang berada di website lain seperti jejaring social atau pun juga dari akun email lainnya. Secara default Yahoo memberikan 4 fitur import diantaranya import dari akun Facebook, Gmail, Msn dan Others. Sedangkan fitur Fix Duplicate Entries Yahoo! Mail Betta merupakan tool yang berguna untuk memperbaiki atau mengahapus (merge) kontak yang duplicate (dobel).

Yahoo! Mail Beta sebuah layanan baru pencarian email yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi pencarian milik Yahoo! untuk membantu pengguna mencari email yang tepat dengan cepat. Fitur pencarian baru yang lebih baik memungkinkan pengguna untuk bernavigasi dengan mudah, menyortir, dan mempertajam hasil pencarian berdasarkan pengirim, dokumen lampiran, tanggal maupun lokasi dokumen.



  1. Yahoo!  Answers

Yahoo! Answers adalah ajang tempat orang saling bertanya mengenai topik apa saja dan mendapatkan jawaban dengan cara berbagi fakta, pendapat dan pengalaman pribadi. Yahoo! Answers merupakan sebuah komunitas dari Yahoo,  saat ini, sebagai persyaratan untuk berpartisipasi dalam Yahoo! Answers, anggota diminta untuk memiliki sebuah ID Yahoo! untuk sign in ke dalam jaringan Yahoo!. Proses ini membuat Yahoo! dapat mengenali data anggota dari Yahoo! dan Answers. Namun dalam komunitas ini, Yahoo! tidak mengevaluasi atau menjamin keakuratan segala konten Yahoo! Answers. Tetapi Yahoo! Answers menyediakan link seperti “Klik di sini” untuk Sanggahan lengkap.

Yahoo! Answers adalah komunitas online dimana pesertanya mengajukan dan menjawab pertanyaan tentang berbagai macam topik yang beragam, mulai dari yang serius hingga pertanyaan-pertanyaan yang bersifat santai dan menyenangkan. Pedoman ini berguna untuk membantu anggota komntas dalam berperan aktif untuk membuat komunitas ini menjadi komunitas yang aman dan kaya pengetahuan. Kami berharap tiap anggota dapat bersikap penuh integritas, jujur, dan hormat, dan menggunakan Yahoo! Answers berdasarkan Pedoman Komunitas Yahoo!, dan Ketentuan Layanan Yahoo!.


Pelanggaran terhadap Pedoman Komunitas bisa mengakibatkan penghentian account Answers anggota tanpa adanya peringatan. Dalam kasus ekstrem, pelanggaran mungkin mengakibatkan penghentian ID Yahoo! anggota, dan sebagai konsekuensinya, penghentian akses ke semua layanan Yahoo! yang lainnya.

Demi alasan keamanan, anak-anak di bawah usia 13 tahun tidak diperbolehkan mengajukan atau menjawab pertanyaan di Yahoo! Answers. Komunitas bergantung pada setiap anggota untuk membantu menjaga Yahoo! Answers sebagai tempat yang aman, menyenangkan, dan positif bagi semua orang. Setiap anggota dapat melaporkan adanya penyalahgunaan, tapi anggota dengan reputasi yang bagus dapat membantu kami mendeteksi dan menghapus penyalahgunaan dengan lebih cepat.

Yahoo! Answers akan memberikan poin ekstra kepada komunitas anggota yang berpartisipasi memberikan jawaban terbaik atas suatu pertanyaan dari anggota komunias lainnya.  Poin dan tingkat membantu anggota mengetahui seaktif apa anggota (dan anggota yang lainnya) di Yahoo! Answers. Anggota mendapatkan jenis tindakan berbeda, seperti menjawab pertanyaan. Semakin banyak poin yang diperoleh, semakin tinggi tingkat anggota.

Komunitas Yahoo! Answers dapat mengajukan pertanyaan tentang berbagai macam topik yang penting, kemudian orang lain sebagai anggota komunitas dapat memberikan jawabannya. Anggota dianjurkan agar mengajukan pertanyaan, kategorikan pertanyaan dalam topik, agar orang lain dapat lebih mudah untuk menemukan dan menjawabnya. Pertanyaan bersifat terbuka selama 4 hari untuk dijawab oleh orang lain. Anggota komunitas dapat memperpanjang atau memperpendek periode terbuka tersebut. Setelah pertanyaan anggota terjawab, diharapkan anggota menunggu 1 jam sebelum anggota dapat memilih jawaban terbaik, atau biarkan anggota komunitas yang memilihnya.

Bagi Anggota komunitas yang punya jawaban dari suatu pertanyaan? Diharapkan agar membagi ilmunya dan membuat anggota lain yang mengajukan pertanyaan menjadi senang. Bukan tidak mungkin, jawaban anggota telah menginspirasi orang lain di luar sana untuk melakukan hal yang baru dan bermanfaat.

Anggota komunitas yang ingin mencari pertanyaan disarankan agar menggunakan daftar kategori di bagian kiri setiap halaman untuk menemukan pertanyaan terbuka yang terkait dengan topik yang anggota ketahui, dan juga dapat menggunakan kotak pencarian di samping setiap halaman untuk menemukan pertanyaan dan jawaban yang berkaitan dengan kata dan frasa tertentu.

Setiap anggota komunitas Yahoo! Answers dapat menjelajahi semua pertanyaan yang telah dijawab, dan dapatkan berbagai macam ide dan pengalaman berlimpah dari banyak orang. Dengan menggunakan daftar kategori di bagian kiri setiap halaman untuk menelusuri semua pertanyaan dan jawaban tentang topik yang menarik bagi anggota. Pertanyaan tersebut telah terselesaikan, beberapa pertanyaan memiliki jawaban terbaik. Jawaban terbaik sudah dipilih oleh penanya atau melalui voting komunitas.

Sekarang, sebagai sebuah bagian dari pergerakan Yahoo! untuk membuat website menjadi tempat yang lebih terbuka dan sosial, Yahoo! membuka Answers untuk mereka yang memiliki ID Google dan Facebook.

Yahoo! sangat menghargai para pengguna yang tidak ingin terbebani dengan login yang berbeda-beda untuk setiap website yang berbeda juga. Dan dengan teknologi bernama OpenID Yahoo! dapat meminimalisir penggunaan login yang berbeda di website yang berbeda. Setelah anggota sign-in dengan akun Google atau Facebook, anggota langsung dapat menikmati dan berpartisipasi di Yahoo! Answers.

Yang disukai di Yahoo! Answers
1.   Berbagi yang Anda tahu
2.   Bersikap santun
3.   Menjadi warga yang baik
4.   Menyebutkan sumber Anda
5.   Mengajukan pertanyaan dengan jelas

Indonesia termasuk dari komunitas Yahoo! Answers Internasional, yang terdiri dari Negara Amerika Serikat, Argentina, Australia, Spanyol, Brasil, China, Filipina, Hong Kong, India, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea Selatan, Malaysia, Meksiko, Prancis, Quebec, Selandia Baru, Singapura, Spanyol, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Konten Yahoo! Answers meliputi antara lain  dibagian navigasi atas homepage Yahoo! Answers yaitu terdiri dari Awal/Home, Kategori, Aktifitas Saya, Tentang. Selanjutnya dibagian bawahnya yang penting yaitu : konten “Tanya” dengan kotak dialog tempat memasukan pertanyaan, kemudian Jawab dan Temukan, dibawahnya tersedia kotak dialog Y! Answers.

Kontent Kategori terdiri dari, Semua Kategori meliputi :

    * Berita & Peristiwa
    * Bisnis & Keuangan
    * Bisnis Lokal
    * Elektronik Konsumen
    * Game & Rekreasi
    * Hewan Piaraan
    * Hiburan dan Musik

    * Ilmu Sosial
    * Jalan-jalan
    * Kecantikan & Gaya
    * Kehamilan & Peran Orangtua
    * Keluarga & Hubungan
    * Kesehatan
    * Komputer & Internet

    * Kuliner
    * Lingkungan
    * Makanan & Minuman
    * Masyarakat & Budaya
    * Mobil & Transportasi
    * Olahraga

    * Pendidikan & Referensi
    * Politik & Pemerintahan
    * Produk Yahoo!
    * Rumah & Kebun
    * Sains & Matematika
    * Seni & Insani
 

Di bagian tengah homepage Yahoo! Answers terbagi dua Navigasi, navigasi Kiri  meliputi konten “jawaban terbaik” yaitu  konten ini bersifat aktif isinya selalu berganti, sesuai dengan perkembangan pertanyaan dan jawaban yang masuk dalam komunitas ini, berikutnya konten pertanyaan terbuka, yang terdiri dua bagian yaitu : Terkini dan Populer. Kemudian Navigasi Kanan terdiri dari Dari blog Answers, Anda suka halaman ini?, Bantu kami meningkatkan kualitas Answers, dan Pelajari lebih lanjut tentang Answers.

Anggota Yahoo! Answers tidak kebal hukum, jadi jangan mengirim segala sesuatu yang melanggar hukum yang berlaku di negara, negara bagian, provinsi, atau kota anggota. Jangan mencoba untuk mengecoh orang lain sehingga mereka membagikan informasi pribadi mereka, mencuri sesuatu (seperti material merek dagang atau hak cipta), atau menerobos daerah yang tidak seharusnya anggota masuki. Jangan mengancam, melecehkan, menyamar, atau melukai yang lainnya, dan jangan mengganggu privasi orang lain.

Yahoo! Answers adalah tempat untuk mendapatkan pengetahuan, bukan tempat untuk mendapatkan pelanggan, teman kencan, atau menaikkan kunjungan pada halaman web anggota. Bila anggota memiliki banyak pengalaman dalam suatu bidang, mempunyai hobi khusus, memiliki usaha sendiri, atau bila anggota adalah mitra pengetahuan, anggota boleh memberikan link ke situs web anggota, blog, atau alamat email anggota pada jawaban yang memang baik dan sesuai topik agar jawaban menjadi lebih baik. Namun, anggota  tidak boleh meletakkan link yang tidak berhubungan dengan topik atau yang memang jelas-jelas hanya bermaksud mengajak orang lain untuk mendapatkan keuntungan pribadi dan keuangan. Bujukan dan ajakan seperti "Kamu mau nggak tambah aku sebagai kontak?" atau mengusulkan orang lain juga tidak diperbolehkan.

Yahoo! Answers dibangun berpondasikan kumpulan pengetahuan dari anggota. Banyak orang yang memerlukan pengetahuan, opini atau pengalaman pribadi. Untuk komunitas tempat saling berbagi pengetahuan. Yahoo! Answers adalah komunitas yang terdiri dari berbagai macam orang dengan opini yang beragam. Segalanya terletak pada diri anggota masing-masing untuk bertindak santun dan saling menghormati. Sebelum menulis apa pun, tanyakan ke diri sendiri apakah kontribusi kita akan menjadikan komunitas menjadi lebih. Anggota berperan penting dalam membentuk Yahoo! Answers ini.


3.      Yahoo! Messenger

Sumber :

1 komentar:

  1. A Assalam, tolong bantu blog Adik ya? Bagaimana bisa belajar menjadi seperti punya Kakak ini, isinya menyentuh, desainnya indah. Saling follow juga ya, saya suka hampir keseluruhan posting Kakak. Saya tunggu follow ya! www.siteislami.co.cc


    Assalam, please help my blog? How could learn to be like a you is, it wonderful, the design is beautiful. Follow each other so well, I like almost all the posts brother. I wait for your follow! www.siteislami.co.cc

    BalasHapus

VIDEO: Brutal, Puluhan Sepeda Diterjang Mobil

VIVAnews - Acara sepeda santai yang digelar 'Critical Mass' di Porto Alegre, Brasil, pada penghujung Februari 2011 kemarin, berubah jadi tragedi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Saat itu sekitar 130 pesepeda tengah melintas di jalan raya. Mereka baru saja memulai aktivitas ramah lingkungan sesuai misi Critical Mass.

Saat tengah asyik bersepeda, tiba-tiba saja Neis yang mengendarai mobil VW-nya menerjang mereka dari belakang dengan kecepatan tinggi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Sekitar 20 pesepeda jadi korban. Mereka terpental, bergelimpangan di jalan. Bahkan tidak sedikit di antara mereka tersangkut di kap mobil Neis berikut sepedanya. Para korban mengalami luka ringan maupun berat. Jerit tangis dan teriakan langsung membahana di jalan. Neis pun diamankan polisi.

Sekadar diketahui Critical Mass adalah sebuah acara bersepeda yang biasanya digelar pada hari Jumat terakhir setiap bulan, di lebih dari 300 kota di seluruh dunia.

Saksikan video brutal Neis di sini.

sumber : • VIVAnews http://dunia.vivanews.com/news/read/207196-video--brutal--puluhan-sepeda-diterjang-mobil


Video Tragedi Sepeda di Brazil