Selasa, 28 Juni 2011

FOCUS DISCUSSION GROUP (FGD)

Definisi FGD

Focus Group Discussion (FGD) merupakan bentuk penelitian kualitatif di mana sekelompok orang yang bertanya tentang sikap mereka terhadap produk, layanan, konsep, iklan, ide, atau kemasan. Pertanyaan diminta dalam grup pengaturan interaktif dimana peserta bebas untuk berbicara dengan anggota kelompok lainnya.

Dalam FGD biasanya terdapat suatu topik yang dibahas dan didiskusikan bersama. Prinsip-prinsip FGD di antaranya:

  1. FGD adalah kelompok diskusi bukan wawancara atau obrolan. Ciri khas metode FGD yang tidak dimiliki oleh metode riset kualitaif lainnya (wawancara mendalam atau observasi) adalah interaksi! Hidup mati sebuah FGD terletak pada ciri ini. Tanpa interaksi sebuah FGD berubah wujud menjadi kelompok wawancara terfokus (FGI-Focus Group Interview). Hal ini terjadi apabila moderator cenderung selalu mengkonfirmasi setiap topik satu per satu kepada seluruh peserta FGD. Semua peserta FGD secara bergilir diminta responnya untuk setiap topik, sehingga tidak terjadi dinamika kelompok. Komunikasi hanya berlangsung antara moderator dengan informan A, informan A ke moderator, lalu moderator ke informan B, informan B ke moderator, dst. Yang seharusnya terjadi adalah moderator lebih banyak “diam” dan peserta FGD lebih banyak omong alias “cerewet”. Kondisi idealnya, Informan A merespon topik yang dilemparkan moderator, disambar oleh informan B, disanggah oleh informan C, diklarifikasi oleh informan A, didukung oleh informan D, disanggah oleh informan E, dan akhirnya ditengahi oleh moderator kembali. Diskusi seperti itu sangat interaktif, hidup, dinamis!
  2. FGD adalah group bukan individu. Prinsip ini masih terkait dengan prinsip sebelumnya. Agar terjadi dinamika kelompok, moderator harus memandang para peserta FGD sebagai suatu group, bukan orang per orang. Selalu melemparkan topik ke “tengah” bukan melulu tembak langsung ke peserta FGD.
  3. FGD adalah diskusi terfokus bukan diskusi bebas. Prinsip ini melengkapi prinsip pertama di atas. Diingatkan bahwa jangan hanya mengejar interaksi dan dinamika kelompok, kalau hanya mengejar hal tersebut diskusi bisa berjalan ngawur. Selama diskusi berlangsung moderator harus fokus pada tujuan diskusi, sehingga moderator akan selalu berusaha mengembalikan diskusi ke “jalan yang benar”. Moderator memang dituntut untuk mencairkan suasana (ice breaking) agar diskusi tidak berlangsung kaku, namun kadang-kadang proses ice breaking ini kelamaan, moderator ikut larut dalam “keceriaan” kelompok, ber ha-ha-hi-hi, dan baru tersadar ketika masih banyak hal yang belum tergali, sementara para peserta sudah mulai kehilangan “energi”.

Ada beberapa jenis FGD, yakni:

  1. Two-way focus group (FGD dua arah) - satu kelompok disaksikan kelompok lain dan membahas diamati interaksi dan kesimpulan
  2. Dual moderator focus group (Dual moderator fokus grup) - moderator memastikan satu sesi berlangsung lancar, sementara yang lain memastikan bahwa semua topik yang dibahas
  3. Dueling moderator focus group - dua moderator berada pada sisi yang berlawanan saat berdiskusi.
  4. Respondent moderator focus group - satu atau lebih dari responden diminta untuk bertindak sebagai moderator sementara
  5. Client participant focus groups - satu atau lebih perwakilan klien berpartisipasi dalam diskusi, baik tertutup ataupun terbuka
  6. Mini focus groups - kelompok yang terdiri dari empat atau lima anggota bukan 8 sampai 12
  7. Teleconference focus groups –FGD yang menggunakan jaringan telepon
  8. Online focus groups (FGD online) – menggunakan internet

Tujuan FGD

Biasanya FGD digunakan oleh praktisi periklanan dan pemasaran untuk memperoleh hasil yang baik. Dalam dunia pemasaran, FGD dipandang sebagai alat penting untuk mendapatkan umpan balik mengenai produk-produk baru, serta berbagai topik. Secara khusus, FGD memungkinkan perusahaan yang ingin mengembangkan, paket, nama, atau tes pasar produk baru, mendiskusikan, melihat, dan / atau menguji produk baru sebelum dibuat tersedia untuk umum. Hal ini dapat memberikan informasi berharga tentang potensi pasar terhadap produk.
Dalam ilmu sosial dan perencanaan perkotaan, FGD memungkinkan orang untuk belajar di alam pengaturan yang lebih dari satu-ke-satu wawancara. Dalam kombinasi dengan pengamatan peserta, FGD dapat digunakan untuk mendapatkan akses ke berbagai kelompok sosial dan budaya, memilih situs untuk belajar, sampel dari situs tersebut, dan meningkatkan masalah tak terduga untuk eksplorasi. FGD memiliki ide yang mudah dimengerti dan hasil yang terpercaya. FGD yang rendah dalam biaya, satu dapat memperoleh hasil yang relatif cepat, dan mereka dapat meningkatkan ukuran sampel laporan dengan berbicara dengan beberapa orang sekaligus.
FGD tradisional dapat memberikan informasi yang akurat, dan tidak terlalu mahal dibanding daerah lain bentuk tradisional penelitian pemasaran. Bisa menimbulkan biaya yang signifikan jika sebuah produk untuk dipasarkan di seluruh negara, akan sangat penting untuk mengumpulkan responden lokal dari berbagai negara tentang produk baru yang mungkin berbeda-beda karena pertimbangan geografis. Hal ini akan memerlukan cukup besar dalam pengeluaran biaya perjalanan dan penginapan. Selain itu, lokasi FGD tradisional mungkin atau tidak mungkin berada di tempat yang nyaman untuk klien tertentu, sehingga klien perwakilan mungkin harus mendatangkan biaya perjalanan dan penginapan juga. Penggunaan FGD terus berkembang seiring waktu dan menjadi semakin meluas.

Kelebihan dan keterbatasan FGD

Pelaksanaan FGD adalah sebuah proses berulang-ulang; masing-masing focus group discussion dibangun di atas sebelumnya, dengan sedikit diuraikan atau lebih baik yang berfokus pada serangkaian tema untuk diskusi. Diperoleh kelompok telah dipilih dengan baik, dalam hal komposisi dan jumlah (lihat di bawah), FGD dapat menjadi alat penelitian yang kuat yang menyediakan informasi spontan berharga dalam waktu singkat dan dengan biaya yang relatif rendah.
FGD tidak boleh digunakan untuk tujuan kuantitatif, seperti pengujian hipotesis atau generalisasi temuan untuk daerah yang lebih luas, yang akan memerlukan survei lebih rumit.
Namun, FGD menguntungkan dapat melengkapi survey tersebut atau lainnya, teknik kualitatif. Tergantung pada topik, mungkin berisiko untuk digunakan FGD sebagai alat tunggal. Dalam diskusi kelompok, orang cenderung ke pusat pendapat mereka tentang orang-orang paling umum, di '' sosial norma. Pada kenyataannya, pendapat dan perilaku mungkin lebih beragam. Oleh karena itu dianjurkan untuk menggabungkan FGD dengan setidaknya beberapa wawancara dengan informan kunci dan mendalam. Secara eksplisit pembujukan tampilan lain selama FGD harus rutin juga.
Dalam hal topik yang sangat sensitif, seperti perilaku seksual atau mengatasi HIV / AIDS, FGD juga mungkin memiliki keterbatasan mereka, sebagai anggota kelompok mungkin ragu-ragu udara perasaan dan pengalaman mereka secara bebas. Satu obat yang mungkin adalah pemilihan peserta yang tidak mengenal satu sama lain (misalnya, seleksi anak-anak dari sekolah yang berbeda dalam FGD tentang perilaku seksual remaja), sementara menjamin kerahasiaan mutlak.
Hal ini juga dapat membantu untuk alternatif FGD dengan metode lain, misalnya, untuk mendahuluinya dengan berperan mengembangkan diri pada perilaku seksual, atau untuk memberikan kuesioner ditulis segera setelah FGD dengan pertanyaan-pertanyaan terbuka tentang perilaku seksual di mana para peserta dapat anonim negara semua pertanyaan mereka dan masalah.
Cara lain untuk menjamin kerahasiaan dalam FGD di sebuah topik sensitif adalah peserta memberikan pilihan untuk memperkenalkan diri dengan nama yang mereka ingin menggunakan (belum tentu mereka sendiri). Selanjutnya, sebelum diskusi ini, harus ditekankan bahwa mereka dapat membawa pengalaman dari teman-teman dan saudara / saudari serta mereka sendiri, dan bahwa tidak diperlukan untuk membawa pengalaman pribadi yang menyakitkan di tempat terbuka.
Pada kajian ini Focus Group Discussion menjadi kegiatan yang sangat penting dan akan dilakukan dengan mengundang para pakar terkait Lokasi Penelitian yaitu : Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Batam, Surabaya, dan Serpong. Pemilihan kota-kota ini didasarkan pada pertimbangan pengumpulan data yang berkaitan dengan potensi penggunaan, serta potensi industri yang memang dapat dikaitkan langsung dengan pengembangan kawasan Techno Park, yaitu industri perangkat keras maupun industri aplikasi sistem informasi. Pemfokusan pada daerah-daerah ini diharapkan dapat memberikan hasil yang optimal, karena kali ini Focus Group Discussion menjadi bagian utama dari studi ini.

Sumber :
Kajian ICT Technopark di Indonesia, Puslitbang APTEL, SKDI, Balitbang SDM, Kementerian KOminfo 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VIDEO: Brutal, Puluhan Sepeda Diterjang Mobil

VIVAnews - Acara sepeda santai yang digelar 'Critical Mass' di Porto Alegre, Brasil, pada penghujung Februari 2011 kemarin, berubah jadi tragedi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Saat itu sekitar 130 pesepeda tengah melintas di jalan raya. Mereka baru saja memulai aktivitas ramah lingkungan sesuai misi Critical Mass.

Saat tengah asyik bersepeda, tiba-tiba saja Neis yang mengendarai mobil VW-nya menerjang mereka dari belakang dengan kecepatan tinggi.

Puluhan pesepeda bergelimpangan di jalan akibat ulah pengendara mobil, Ricardo Jose Neis.

Sekitar 20 pesepeda jadi korban. Mereka terpental, bergelimpangan di jalan. Bahkan tidak sedikit di antara mereka tersangkut di kap mobil Neis berikut sepedanya. Para korban mengalami luka ringan maupun berat. Jerit tangis dan teriakan langsung membahana di jalan. Neis pun diamankan polisi.

Sekadar diketahui Critical Mass adalah sebuah acara bersepeda yang biasanya digelar pada hari Jumat terakhir setiap bulan, di lebih dari 300 kota di seluruh dunia.

Saksikan video brutal Neis di sini.

sumber : • VIVAnews http://dunia.vivanews.com/news/read/207196-video--brutal--puluhan-sepeda-diterjang-mobil


Video Tragedi Sepeda di Brazil